Vitamin B12 sangat penting karena kekurangannya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Ini dapat mencakup demensia, penurunan berat badan, infertilitas, anemia, rambut rontok, dan jumlah sel darah merah rendah. Gejalanya biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk muncul yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Kadar B12 yang rendah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Vitamin B12 membantu produksi sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke sel-sel rambut dan pasokan darah yang cukup, yang akan menjaga pertumbuhan sel-sel rambut agar tetap terkendali dengan mencegah kerusakan folikel. Vitamin ini berperan dalam metabolisme sel, yang melibatkan pemecahan nutrisi yang kemudian digunakan untuk menumbuhkan rambut baru dan memulihkan rambut yang rusak. Vitamin B12 merupakan salah satu faktor yang penting untuk berfungsinya sel-sel saraf dengan baik. Dengan demikian, vitamin ini mencegah masalah rambut rontok yang berhubungan dengan saraf. Ketidakseimbangan hormon merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok, dan B12 membantu mengatur hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Vitamin B12 juga dikenal dapat mengurangi stres sehingga mengatasi masalah rambut rontok yang berhubungan dengan stres.

  1. Pertumbuhan Rambut

B12 membantu pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin B12 membantu sintesis DNA yang penting untuk perkembangan folikel. Vitamin B12 bersama dengan nutrisi lainnya juga menyediakan dasar yang kuat untuk pertumbuhan rambut sekaligus mengatur hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

  1. Pelembapan Rambut

B12 terutama berkaitan dengan pembentukan sel darah merah, pembelahan sel, dan metabolisme, tetapi fungsi-fungsi ini juga memengaruhi tingkat kelembapan rambut. Oksigen yang dibawa oleh sel darah merah memfasilitasi pemberian nutrisi pada folikel rambut dan meningkatkan minyak alami rambut yang mencegah rambut menjadi kering. Ini menjamin rambut terhidrasi dan lembap dengan baik. Vitamin B12 membantu pembelahan sel dan memastikan kelenjar sebasea yang bertanggung jawab untuk produksi minyak alami berfungsi dengan baik. Vitamin B12 membantu menjaga kelembapan rambut tetap utuh dengan membantu metabolisme asam lemak yang membentuk lapisan lipid rambut yang mencegah hilangnya kelembapan. Vitamin B12 juga berperan dalam mengelola kesehatan kulit kepala secara keseluruhan dengan memungkinkannya mempertahankan kadar pH alami dan membantu memperbaiki lapisan pelindung kelembapan.

  1. Memperkuat Rambut

Proses oksigenasi yang dibantu oleh vitamin B12 membantu menjaga batang rambut yang merupakan unit struktural rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Vitamin B12 mendukung folikel rambut dalam fase pertumbuhannya melalui produksi sel baru. Vitamin B12 juga berperan dalam metabolisme protein dan asam lemak yang merupakan bahan penyusun utama rambut yang berkontribusi terhadap kekuatannya. Vitamin B12 mendukung fungsi saraf yang sehat dan ini termasuk ujung saraf kulit kepala. Vitamin B12 juga membantu mengatur hormon pertumbuhan yang penting untuk pertumbuhan rambut.

  1. Mencegah Rambut Beruban

Uban prematur adalah masalah lain yang dikhawatirkan kebanyakan orang selain kerontokan rambut. Vitamin B12 mendukung oksigenasi yang pada gilirannya mendukung produksi melanin. Kadar melanin yang cukup sangat penting untuk menjaga warna rambut alami. Vitamin B12 juga mendukung fungsi saraf yang juga mencakup saraf yang mengatur melanosit, sel utama yang memproduksi melanin. Ini mendorong produksi pigmen yang konsisten dan mencegah uban prematur. B12 membantu metabolisme nutrisi termasuk asam amino dan antioksidan yang dibutuhkan untuk pigmentasi yang tepat.

Baca Juga :

REVIEW: Vitacreme B12 Lightening Day Cream

5 Alasan Mengapa Wanita Harus Menambahkan Pistachio ke Makanan Sehari-hari Mereka

9 Cara Mudah untuk Menghilangkan Kulit Berminyak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Begini Cara Mengatasi Keringat Berlebihan Selama Musim Hujan

Musim hujan membawa kelegaan yang sangat dibutuhkan dari