Ada beberapa cara berbeda untuk mengatasi kekeringan vagina, tergantung pada usia dan tingkat keparahannya—termasuk pengobatan alami untuk kekeringan vagina serta pilihan yang dijual bebas dan yang diresepkan dokter. Bagi wanita dalam kelompok usia menopause, terapi penggantian hormon atau krim estrogen vagina bersama dengan pelembap vagina nonhormonal juga dapat sangat membantu untuk meringankan gejala kekeringan vagina. Penyedia layanan kesehatan Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk menyusun rencana perawatan yang tepat.

1. Kontrasepsi

Pada wanita usia subur yang mengonsumsi kontrasepsi oral, kekeringan vagina dapat terjadi karena efek penekan hormonal dari pil kontrasepsi oral, dan penghentian ovulasi. Jika demikian, memilih kontrasepsi oral atau metode kontrasepsi lain dapat segera mengatasinya. Hormon dalam pil KB memengaruhi setiap orang secara berbeda. Bagi sebagian orang, metode hormonal apa pun dapat menyebabkan kekeringan vagina. Beralih ke metode kontrasepsi yang tidak mengandung hormon dapat membantu, seperti IUD tembaga, kondom, atau spons KB.

2. Pelembap vagina

Wanita dapat memulai dengan mengobati diri sendiri dengan obat bebas nonhormonal, seperti Replens, yang tersedia dalam bentuk gel vagina dengan aplikator yang sudah diisi sebelumnya untuk dimasukkan ke dalam vagina dan juga sebagai versi topikal yang dapat dioleskan secara eksternal ke vulva. Tidak seperti pelumas yang digunakan sebelum berhubungan seks, pelembap vagina dapat digunakan secara teratur untuk mengurangi kekeringan dan membantu mengembalikan kelembapan vagina.

3. Pelumas vagina

Pelumas vagina dapat mengurangi kekeringan dan tersedia tanpa resep dokter. Menggunakan pelumas vagina, tepat sebelum berhubungan seks, dapat membuat seks lebih menyenangkan jika Anda mengalami kekeringan vagina. Pelumas mengurangi gesekan selama hubungan seksual dan tidak boleh disamakan dengan pelembap vagina. Penting untuk menghindari penggunaan pelumas beraroma atau beraroma atau yang menghasilkan sensasi lain (seperti “kesemutan” atau “panas saat disentuh”) karena dapat mengiritasi vagina.

4. Terapi estrogen topikal

Jika wanita tidak memperoleh kelegaan dari pengobatan yang dijual bebas, mereka harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk mencari tahu tentang penggunaan produk estrogen vagina yang diresepkan. Produk ini tersedia dalam berbagai jenis: krim, sisipan vagina, dan cincin. Semuanya tentang menemukan perawatan terbaik untuk setiap pasien dan apakah mereka ingin menggunakan produk hormonal lokal atau non-hormonal.

  • Cincin vagina: Cincin vagina estradiol resep—seperti Estring atau Femring—mengandung estrogen dan digunakan untuk mengobati gejala menopause termasuk kekeringan dan iritasi vagina. Cincin ini lembut dan fleksibel yang melepaskan estrogen selama 90 hari.
  • Tablet vagina: Vagifem dan Yuvafem adalah tablet estradiol resep yang dimasukkan ke dalam vagina untuk melepaskan estrogen secara lokal dan meredakan kekeringan vagina.
  • Krim vagina: Krim estrogen vagina resep bekerja mirip dengan pelembap vagina OTC. Krim ini dimasukkan ke dalam vagina dengan aplikator. Beberapa merek umum termasuk Estrace dan Premarin, yang juga tersedia dalam bentuk oral.
  • Patch: Plester estradiol yang diresepkan juga dapat membantu mengatasi kekeringan vagina dengan menyeimbangkan kadar estrogen yang rendah.

Penting bagi Anda untuk mendiskusikan masalah medis penting seperti riwayat migrain dengan aura, pembekuan darah, atau stroke dan/atau anggota keluarga yang pernah mengalami kondisi ini, dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan perawatan ini.

5. Obat oral/sistemik

Banyak wanita sering kali mendapatkan kelegaan dari kekeringan vagina dengan menggunakan produk yang dijual bebas. Jika itu tidak berhasil, ada juga banyak obat resep yang tersedia, seperti Estrace (estradiol), Osphena (ospemifene), Prefest, dan Premarin. Perawatan ini membantu menggantikan kadar estrogen yang menurun dan memperbaiki kekeringan vagina.

6. Konseling seksual

Jika disfungsi seksual menyebabkan kekeringan vagina, ada beberapa cara untuk mencari solusinya. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan berbagai teknik rangsangan untuk didiskusikan dengan pasangan Anda, seperti pijat atau video erotis. Atau, berbicara dengan profesional kesehatan mental—baik sendiri atau dengan pasangan—dapat membantu mengatasi penyebab emosional dari kekeringan vagina. Perawatan ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan pengobatan, pelumas, atau perawatan hormonal.

7. Perubahan gaya hidup

Hindari sabun mandi, sabun, mandi busa, dan losion yang mengandung bahan-bahan berikut yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi vagina:

  • Sodium lauryl sulfate
  • Paraben
  • Parfum dan pewangi sintetis

Jangan gunakan douches, cairan pembersih vagina, atau bedak talk di area vagina. Selain itu, jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum enam hingga delapan gelas air setiap hari. Dehidrasi dapat menyebabkan kekeringan vagina. Jika Anda merokok, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berhenti. Merokok memengaruhi aliran darah ke jaringan tubuh Anda, termasuk vagina, yang menyebabkan kekeringan.

Baca Juga :

7 Pengobatan Rumahan Untuk Gatal Pada Vagina

Anda Harus Tahu, 5 Penyebab Vagina Tiba-Tiba Kering

6 Cara Alami Untuk Mengembalikan Keseimbangan pH Vagina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi