Ketombe bisa sangat memalukan, dan kami paham bahwa mengatasinya juga cukup sulit. Menggaruk kepala di depan umum, terutama saat berketombe, bukanlah situasi yang menyenangkan.

Ketombe juga bisa memaksa Anda untuk mengucapkan selamat tinggal pada pakaian hitam apa pun di lemari pakaian Anda karena kontrasnya meningkatkan visibilitasnya dan membuatnya semakin terlihat.

Penyebab Ketombe Berminyak

Kondisi ini, ketombe berminyak, disebut dalam komunitas medis sebagai ‘dermatitis seboroik’. Dengan kata lain, kondisi ini berdampak buruk pada kulit kepala Anda, yang menyebabkan ketombe. Dan itu benar-benar berita buruk!

Meskipun penyebab pasti dari kondisi ini belum diketahui, kondisi ini dapat ditelusuri ke jamur ragi yang disebut Malassezzia yang mengiritasi kulit kepala Anda, sehingga menyebabkan peningkatan produksi minyak. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan.

Dalam kasus tertentu, kondisi ini bersifat genetik. Jika masalah ini terjadi pada keluarga Anda, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.

Jika Anda tidak cukup sering keramas, hal ini dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati, yang menyebabkan munculnya serpihan putih di kulit kepala Anda. Penggunaan produk perawatan pribadi tertentu juga dapat menyebabkan ketombe.

Anda adalah apa yang Anda makan, begitu kata pepatah. Pola makan Anda memainkan peran utama dalam membentuk Anda. Oleh karena itu, perubahan pola makan Anda, termasuk asupan alkohol, dapat menyebabkan kondisi ini.

Perubahan hormon juga bisa menjadi penyebabnya, terutama jika Anda mengalami kondisi ini di masa remaja.

Dalam kasus ketombe berminyak, Anda mungkin melihat serpihan minyak berwarna putih di kulit kepala Anda serta rasa gatal yang terus-menerus. Serpihan ini cenderung jatuh di bahu Anda dan kondisinya memburuk terutama selama musim dingin.

Cara Mengatasi Ketombe

Anda dapat mengatasi kondisi ini langsung dari rumah Anda sendiri dengan bahan alami. Perawatannya sederhana dan tidak merepotkan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Soda Kue

Bahan dapur ini tentu akan berguna saat Anda memutuskan untuk mengatasi semua masalah ketombe berminyak Anda. Ini adalah pengobatan yang mudah dan efektif, dan hampir tidak membutuhkan waktu lama.

Yang Anda butuhkan hanyalah 1 sendok makan soda kue untuk mengatasinya.

Cara melakukannya:

Awali dengan membilas rambut Anda dengan air hangat. Kemudian, pijat rambut Anda dengan lembut dengan gerakan memutar menggunakan soda kue. Tunggu selama 1-2 menit dan bilas dengan air hangat. Ulangi proses ini sekitar dua hingga tiga kali setiap minggu.

  1. Cuka Apel

Mengatasi ketombe dengan cuka apel adalah pengobatan terbaik yang dapat dipikirkan seseorang. Meskipun sedikit memakan waktu, ini akan membantu Anda mengatasi masalah ketombe berminyak dengan cara yang jauh lebih efektif.

Cara melakukannya:

Awali dengan membilas rambut Anda dengan air hangat. Kemudian, tambahkan ½ cangkir air ke 2 sendok makan cuka apel. Sekarang, oleskan larutan ini ke kulit kepala Anda dan pijat dengan lembut. Diamkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan air hangat. Anda harus mengulangi proses ini sesering mungkin sepanjang minggu untuk hasil yang lebih efektif.

  1. Bawang putih

Ini mungkin bahan terakhir yang terlintas di pikiran Anda saat berpikir untuk mengatasi ketombe, tetapi bawang putih tentu dapat membantu mengatasi sebagian besar masalah ketombe Anda. Bawang putih memiliki sifat antijamur yang berguna untuk mengatasi ketombe.

Cara melakukannya:

Awali dengan menghancurkan 2-3 siung bawang putih mentah dan tambahkan 2 sendok makan air ke dalamnya. Kemudian, tambahkan sedikit lebih dari 1 sendok makan madu mentah ke dalam campuran ini. Oleskan larutan ini ke kulit kepala Anda dan biarkan selama beberapa saat. Bilas dengan sampo.

Baca Juga :

3 Masker Rambut Buatan Rumah untuk Menghilangkan Ketombe dan Kulit Kepala Terkelupas

3 Perawatan Tradisional Untuk Ketombe

7 Penyebab Penumpukan Ketombe Pada Kulit Kepala Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apakah K-Beauty Cocok untuk Kulit Wanita Indonesia?

Dalam beberapa tahun terakhir, industri perawatan kulit global