Jika Anda menderita radang tenggorokan, infeksi sinus, atau infeksi bakteri lainnya, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan meresepkan antibiotik untuk menyembuhkannya. Antibiotik adalah obat yang sangat berguna untuk membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit. Sayangnya, antibiotik juga dapat menghancurkan bakteri yang disebut “baik” dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, antibiotik sering kali disertai dengan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan, termasuk mual, pusing, diare, dan ya, infeksi jamur vagina. Jika Anda pernah mengalaminya, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apakah ada cara untuk mencegah infeksi jamur akibat antibiotik?” Untungnya, ada kiat-kiat yang dapat membantu. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Bisakah Anda terkena infeksi jamur akibat antibiotik?

Ya, infeksi jamur, atau kandidiasis vulvovaginal, dapat terjadi saat mengonsumsi antibiotik. Antibiotik berpotensi mengganggu keseimbangan mikrobioma usus Anda, yang mencakup bakteri sehat yang bertanggung jawab untuk mengendalikan pertumbuhan jamur.

Hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih ragi (jamur candida), yang berpotensi menimbulkan gejala khas infeksi ragi: keputihan putih yang tampak seperti keju cottage, rasa terbakar saat buang air kecil, pembengkakan dan kemerahan di sekitar area vagina dan vulva, serta nyeri dan rasa sakit saat berhubungan seksual.

Kebanyakan wanita akan mengalami infeksi ragi di beberapa titik dalam hidup mereka. Menurut penelitian, 10% hingga 30% wanita mengalami infeksi ragi akibat antibiotik. Sembilan puluh persen infeksi ragi disebabkan oleh jenis infeksi jamur yang disebut candida albicans.

Mengapa Anda terkena infeksi ragi akibat antibiotik?

Vagina wanita mempertahankan campuran ragi dan bakteri yang seimbang. Antibiotik dapat menghancurkan bakteri yang melindungi vagina atau dapat mengubah keseimbangan bakteri yang ada.

Ia menjelaskan bahwa jenis bakteri yang disebut Lactobacillus menjaga vagina sedikit asam, yang mencegah infeksi vagina. Namun, antibiotik spektrum luas mengubah semua itu. Saat bakteri jahat penyebab penyakit Anda dihancurkan, bakteri baik, termasuk Lactobacillus, ikut dimusnahkan. Saat jumlah Lactobacillus di vagina berkurang, keasamannya pun berkurang dan, karenanya, menjadi lingkungan yang sempurna bagi ragi.

Antibiotik apa yang menyebabkan infeksi ragi?

Apakah semua antibiotik menyebabkan infeksi ragi? Ini pertanyaan yang bagus—terutama jika ada beberapa pilihan yang tersedia untuk mengobati kondisi Anda. Antibiotik spektrum luas kemungkinan besar akan mengganggu keseimbangan bakteri alami tubuh Anda, seperti:

  • Penisilin (seperti amoksisilin)
  • Karbapenem (seperti imipenem)
  • Tetrasiklin (seperti doksisiklin)
  • Kuinolon (seperti siprofloksasin)

Beberapa pengobatan steroid hirup untuk asma dapat meningkatkan risiko infeksi ragi oral.

Siapa yang berisiko terkena infeksi ragi akibat antibiotik? Selain pada wanita, faktor risiko berikut dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi jamur akibat penggunaan antibiotik:

  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Riwayat infeksi jamur yang berulang
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB
  • Kehamilan
  • Diabetes

Ingatlah bahwa beberapa gejala umum infeksi jamur—seperti keputihan dan rasa terbakar saat buang air kecil—mungkin disebabkan oleh hal lain, termasuk:

  • Bacterial vaginosis (BV)
  • Infeksi saluran kemih (ISK)
  • Infeksi menular seksual (IMS) seperti herpes, klamidia, gonore, dan trikomoniasis

Jika Anda mengalami gejala, carilah saran medis dari tenaga kesehatan untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Mencegah infeksi jamur akibat antibiotik

Pertama dan terutama, Anda harus tahu bahwa manfaat antibiotik jauh lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Meskipun antibiotik dapat menyebabkan infeksi jamur, tetap penting untuk mengonsumsi obat yang diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengobati infeksi bakteri secara tuntas. Kegagalan menghabiskan resep antibiotik dapat menyebabkan sesuatu yang disebut resistensi antibiotik. Ini berarti infeksi bakteri Anda mungkin menjadi resistan terhadap obat dan jauh lebih sulit disembuhkan.

Namun, ada kemungkinan untuk mencegah beberapa efek samping, termasuk infeksi jamur, dengan kiat-kiat berikut:

  • Hindari bak mandi air panas atau mandi air hangat karena jamur terbentuk di lingkungan yang hangat
  • Kenakan pakaian longgar
  • Ganti pakaian renang atau pakaian dalam yang basah karena kelembapan memungkinkan jamur tumbuh
  • Hindari produk kebersihan kewanitaan, seperti douches
  • Hindari produk deodoran vagina seperti semprotan, bedak, atau pembalut dan tampon beraroma
  • Kenakan pakaian dalam katun yang menyerap keringat
  • Minum suplemen probiotik untuk mengisi kembali bakteri baik dalam mikrobioma usus, atau cobalah makan yogurt, makanan yang kaya akan probiotik
  • Penyedia layanan kesehatan Anda juga dapat meresepkan pil antijamur yang disebut Diflucan (flukonazol) untuk diminum bersamaan dengan resep antibiotik Anda. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang resep Diflucan jika Anda sering mengalami infeksi jamur. Jika Diflucan tidak berhasil, solusi lain adalah menggunakan krim vagina yang dijual bebas, supositoria, atau salep seperti Monistat.

Intinya? Antibiotik adalah penyebab umum infeksi jamur vagina. Tindakan pencegahan seperti menghindari produk kebersihan kewanitaan dan mengonsumsi probiotik dapat membantu mengurangi risiko Anda. Jika Anda mengalami gejala yang mungkin merupakan infeksi jamur, konsultasikan dengan profesional layanan kesehatan untuk mendapatkan saran pengobatan.

Baca Juga :

Inilah 9 Pengobatan Rumahan Untuk Infeksi Jamur yang Akan Membantu Anda!

<strong>8 Pengobatan Rumahan Untuk Infeksi Jamur yang Akan Menyembuhkan Anda</strong>

9 Pengobatan Rumahan Untuk Infeksi Jamur yang Akan Menyembuhkan Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi