Menjadi ibu baru bisa menjadi hal yang cukup menakutkan. Posting Instagram yang sempurna tentang menjadi ibu tidak memberi tahu Anda tentang kelelahan yang luar biasa, perubahan hormon yang menegangkan, kurang tidur yang tampaknya tak berujung, dan tentu saja banyak sekali nasihat yang tidak diminta! Dan meskipun kebahagiaan Anda benar-benar sepadan, tidak ada salahnya untuk bersiap, bukan? Kami dengan senang hati membantu, dimulai dengan yang paling mendasar, yaitu mandi.  Memandikan bayi baru lahir, meskipun terdengar sederhana dan mudah, namun ayah dan ibu baru mungkin tidak lah mudah. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai!

  1. Apakah suhunya tepat?

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa airnya cukup hangat untuk bayi baru lahir Anda. Isi bak mandi Anda dengan air dingin terlebih dahulu, lalu tambahkan air panas, pastikan Anda mencampurnya dengan baik. Idealnya, suhu air harus mendekati suhu tubuh bayi Anda, yaitu 37 – 38 derajat C. Pastikan juga Anda tidak pernah menaruh bayi Anda di bawah air mengalir—karena suhu air dapat berubah, dan dalam beberapa kasus bahkan dapat membuatnya melepuh.

  1. Seberapa sering Anda harus memandikan bayi Anda?

Memandikan bayi Anda yang baru lahir sekali sehari sudah lebih dari cukup untuk menjaganya tetap bersih. Jangan terlalu banyak menggunakan produk—kulit bayi Anda lembut dan halus. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memandikan bayi Anda di malam hari—mandi air hangat akan membuat bayi Anda rileks dan memastikan bahwa ia (dan Anda) mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

  1. Seberapa dalam embernya?

Anda dapat mengisi bak mandi hingga sebahu bayi Anda sehingga ia dapat mandi dengan nyaman. Selain itu, jangan pernah mengisi bak mandi saat bayi Anda berada di dalamnya—untuk mencegah kecelakaan karena bak mandi terisi terlalu cepat. Saat ia bermain air, masukkan beberapa mainan karet untuk membuat waktu mandi lebih menyenangkan!

  1. Berinvestasilah pada penyangga mandi yang baik

Selain bak mandi, penyangga mandi adalah hal yang mutlak penting bagi bayi Anda yang baru lahir. Anda dapat memilih apa saja mulai dari penyangga seperti bantal hingga penyangga seperti kursi yang akan menopang bayi Anda. Jangan lupa keset kamar mandi yang akan memberikan pegangan yang baik. Namun ingat, apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan di dalam air—meskipun Anda memiliki penyangga.

  1. Jangan takut untuk meminta bantuan

Ya, kami tahu Anda seorang ibu super, tetapi tidak ada salahnya meminta bantuan. Waktu mandi memang menyenangkan, tetapi bagi ibu baru, waktu mandi juga bisa melelahkan. Dengan semua kelelahan itu, meminta seseorang untuk menyerahkan bayi kepada Anda atau membantu Anda mendandaninya bisa sangat melegakan. Lebih baik lagi, bergiliranlah dengan pasangan Anda untuk memandikan bayi. Anda akan senang selama waktu istirahat, yang merupakan hal yang luar biasa karena ibu yang bahagia adalah ibu terbaik!

Baca Juga :

Inilah Cara Terbaik Menyusui Bayi Prematur

<strong>Yang Perlu Diketahui Semua Ibu Pertama Kali Tentang Memandikan Bayi Baru

Lahirnya</strong>

<strong>4 Alasan Mengapa Anda Harus Mencoba Menggunakan Produk Perawatan Bayi</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Diet Golongan Darah O Positif Untuk Anda Yang Ingin Menurunkan Berat Badan 

Diet golongan darah, yang diciptakan oleh dokter naturopati