Perawatan pengencangan kulit non-invasif merupakan pilihan yang tepat antara perawatan kecantikan jangka panjang dan operasi invasif. Anda tidak akan menanggung risiko efek samping umum dari perawatan invasif, tetapi tetap menikmati efek jangka panjang pada kulit Anda. Perawatan kulit non-invasif menjadi populer selama pandemi karena umumnya dianggap lebih aman, dan minat terhadap prosedur ini masih tinggi karena hasilnya yang terlihat. Baca terus untuk menemukan dunia estetika non-invasif dan cari tahu perawatan pengencangan kulit non-invasif yang terbaik untuk Anda.

Sebelum mencoba perawatan kulit non-invasif, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Selain hasil yang cepat dan efektif, perawatan estetika non-bedah tidak akan mengubah wajah Anda secara signifikan atau menciptakan tampilan ‘palsu’. Perawatan ini hanya membuat kulit Anda tampak alami, sehat, dan segar serta cocok untuk mereka yang suka menggunakan riasan minimal setiap hari.

Apa manfaat lain dari mencoba perawatan kulit non-invasif untuk wajah dan tubuh? Biasanya, perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit, memiliki masa pemulihan yang singkat hingga tidak ada sama sekali, dan efek samping yang minimal, jika dibandingkan dengan operasi invasif. Baik itu perawatan kulit gatal, atau perawatan kulit berminyak, Anda akan menemukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan waktu pemulihan yang singkat atau bahkan tidak sama sekali.

Perawatan kulit non-invasif

Banyak dari kita mungkin pernah mendengar tentang perawatan pengencangan kulit non-invasif karena perawatan ini telah menjadi tren nyata dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tidak semua orang tahu apa itu. “Non-invasif” berarti tanpa mengganggu integritas kulit Anda. Untuk perawatan ini, ahli kosmetik tidak menggunakan jarum atau alat lain yang dapat merusak kulit Anda.

Apa itu metode non-invasif?

Ini sering kali merupakan perawatan kosmetik berteknologi tinggi yang mengirimkan gelombang cahaya, arus, atau denyut ke dalam kulit — ini termasuk ultrasonik, arus mikro, frekuensi radio, fototerapi, kriolipolisis, dan laser.

Jenis lainnya termasuk penggunaan produk dan perawatan topikal — tetapi apa bedanya dengan hanya menggunakan perawatan anti-penuaan atau perawatan kulit kering di rumah?

Sebagai permulaan, produk yang digunakan adalah produk bermutu profesional, yaitu tidak dapat dibeli di toko atau digunakan oleh mereka yang bukan praktisi terlatih. Produk tersebut jauh lebih kuat sehingga bahan aktifnya dapat meresap lebih dalam.

1. Perawatan kulit non-invasif #1: HydraFacial

HydraFacial melibatkan pembersihan dan hidrasi secara mendalam, yang membuatnya sempurna bagi mereka yang rentan berjerawat atau yang menginginkan perawatan kulit kering. Prosedur ini meliputi pembersihan dan pengelupasan mendalam menggunakan alat khusus, diikuti dengan serum yang menghidrasi dan menutrisi yang disuntikkan ke dalam kulit. Kulit Anda akan dibersihkan dan dihidrasi secara menyeluruh, dengan cahaya yang sehat.

Manfaat menggunakan perawatan ini

HydraFacial disebut sebagai ‘pembersihan ala Hollywood’, karena hasil yang terlihat dapat langsung terlihat – kulit Anda tampak bersih dan berseri. Perawatan ini direkomendasikan sebagai prosedur kilat sebelum acara penting — tidak akan muncul kemerahan atau pengelupasan, dan bahkan riasan dapat langsung diaplikasikan.

Risiko

Sebelum mulai mencari ‘perawatan kulit HydraFacial di dekat saya’, perlu diketahui bahwa perawatan ini tidak direkomendasikan untuk semua orang. Karena efek vakum (hisapan), pembuluh kulit mengalami tekanan yang signifikan, yang dapat memperburuk tampilan rosacea jika kulit Anda rentan terhadapnya.

2. Perawatan kulit non-invasif #2: Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan pengelupasan kulit mekanis, yang dilakukan dengan bantuan partikel abrasif mikrokristalin. Hasilnya, lapisan permukaan kulit Anda terkelupas, dan sel-sel kulit mati dihilangkan. Perangkat mikrodermabrasi merawat kulit Anda dengan nosel khusus dan kristal aluminium oksida, yang memoles kulit Anda. Efek mikrodermabrasi terlihat setelah sesi pertama.

Manfaat menggunakan perawatan ini

Para ahli percaya bahwa mikrodermabrasi adalah prosedur yang lembut, yang tidak melukai lapisan kulit Anda yang lebih dalam. Ahli kosmetik mengklaim bahwa setelah dermabrasi, waktu pemulihan tidak diperlukan, karena komplikasi dan sensasi tidak menyenangkan sangat jarang terjadi.

Risiko

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang teriritasi seperti rosacea, atau jenis infeksi, penyakit, atau alergi kulit lainnya, perawatan ini tidak disarankan.

3. Perawatan kulit non-invasif #3: Radiofrekuensi (RF)

Pengencangan gelombang radio (RF) adalah prosedur kosmetik yang bertujuan untuk mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit Anda. Metode ini cukup sederhana dan efektif: frekuensi RF menembus lapisan kulit yang lebih dalam, merangsang produksi kolagen dan elastin, yang memberikan efek pengencangan yang kuat.

Manfaat menggunakan perawatan ini

Tidak seperti operasi plastik, yang melibatkan pembuatan sayatan dan pengangkatan kulit secara manual, RF menjaga integritas epidermis, karena kulit Anda menjadi lebih kencang karena stimulasi kolagen, untuk hasil yang tampak lebih alami dan tidak terlalu drastis.

Risiko

Pengencangan gelombang radio memiliki risiko rata-rata untuk prosedur apa pun yang memengaruhi jaringan dalam. Yang utama termasuk penyakit kulit kronis, jerawat, dan kulit menjadi sensitif atau rentan terhadap alergi. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengurangi bintik merah dan perawatan alergi kulit di rumah.

4. Perawatan kulit non-invasif #4: CoolSculpting

Metode kriolipolisis ini didasarkan pada penggunaan suhu dingin untuk memecah sel-sel lemak. Perawatan kulit ini dilakukan tanpa intervensi bedah karena dibantu oleh peralatan khusus dengan nosel vakum. Perangkat tersebut mengalirkan dingin langsung ke sel-sel lemak tanpa menyentuh kulit, pembuluh darah, dan jaringan lain, sehingga metode ini aman dan dapat digunakan untuk wajah dan tubuh.

Manfaat menggunakan perawatan ini

CoolSculpting atau kriolipolisis mengaktifkan proses alami pembakaran lemak, yang menjadikannya alternatif sedot lemak bedah (meskipun Anda jelas tidak akan melihat hasil yang drastis). Pemulihan setelah prosedur berlangsung cepat tanpa komplikasi.

Risiko

Dalam kebanyakan kasus, kriolipolisis tidak berbahaya bagi kesehatan, tetapi ada beberapa risiko dengan perawatan kulit ini. Di antaranya adalah penyakit autoimun, alergi terhadap suhu rendah, dan hiperplasia adiposa paradoks (PAH), di mana sel-sel lemak justru membesar alih-alih mengecil. Sebelum perawatan, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis sehingga Anda sepenuhnya menyadari komplikasi yang mungkin terjadi.

5. Perawatan kulit non-invasif #5: Mesoterapi

Perawatan kulit non-invasif mesoterapi semakin populer. Konduktor khusus digunakan untuk membantu memperkaya lapisan kulit yang lebih dalam dengan vitamin, nutrisi, dan peptida agar kulit tampak berseri dan segar kembali.

Manfaat menggunakan perawatan ini

Mesoterapi dapat mengatasi sejumlah masalah, mulai dari mengurangi garis-garis halus dan hiperpigmentasi, hingga mengatasi jerawat dan bekas luka, serta menyeimbangkan produksi minyak berlebih.

Risiko

Perawatan tanpa jarum ini tidak memiliki banyak risiko. Namun, tetap ada tindakan pencegahan standar untuk perawatan tata rias apa pun, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum membuat janji temu.

Baca Juga :

Revitalisasi Kulit Anda dengan Mint: Penggunaan Perawatan Kulit yang Tidak Konvensional

5 Kesalahan Perawatan Kulit Yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Ingin Kulit Tampak Lebih Baik

Mencoba Produk Perawatan Kulit Baru? Inilah Berapa Lama Anda Bisa Menunggu Untuk Melihat Hasilnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Manfaat Mengejutkan dari Latihan Wajah

Saat kita berpikir tentang latihan, kita biasanya berpikir