Bahan-bahan untuk membersihkan wajah di rumah atau perawatan wajah cukup jelas. Namun, bagaimana dengan bahan-bahan untuk chemical peeling di rumah? Komponen yang dibutuhkan sangat berbeda dan jika Anda ingin melakukannya dengan baik, Anda harus tahu persis apa yang terjadi pada kulit Anda dan bagaimana masing-masing komponen bermanfaat bagi Anda.

1. Peeling  enzim

Ini adalah suntikan kecil penambah nutrisi, mengingat ini adalah campuran enzim buah. Ini adalah yang paling lembut yang memperbaiki pori-pori kulit dan mengelupasnya tanpa efek keras. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan tidak nyaman dengan bentuk asam lainnya, Anda harus memilih yang ini.

2. Asam salisilat

Mencari pengelupasan kimia yang bagus yang dapat menghilangkan jerawat Anda? Ini adalah bahan terpenting yang harus Anda dapatkan. Asam salisilat membuka pori-pori dengan masuk jauh ke dalam kulit dan membantu mengatasi kondisi kulit seperti melasma, hiperpigmentasi, dan bintik-bintik. Lebih jauh, asam ini tidak akan membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.

3. Asam mandelic

Ingin fokus pada efek penuaan pada pengelupasan kimia Anda? Maka ini adalah bahan yang tepat karena cukup efektif dalam menghilangkan sel kulit mati, sekaligus bekerja secara efisien pada tanda-tanda penuaan dan hiperpigmentasi. Asam mandelic bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan asam salisilat.

4. Asam laktat

Ini adalah bahan ringan lainnya yang kaya akan AHA, yaitu asam alfa hidroksi. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda baru memulai dengan pengelupasan kimia karena bahan ini cukup lembut di kulit tetapi berfungsi dengan baik dalam pengelupasan dan pembersihan. Bahan ini juga mengatasi garis-garis halus dan kerutan ringan serta meratakan warna kulit, dan pada saat yang sama menghidrasi kulit.

5. Asam glikolat

Ini adalah salah satu bahan yang lebih kuat dan dapat digunakan, baik dalam pengelupasan kimia superfisial maupun sedang di rumah, tergantung mana yang Anda pilih. Selanjutnya, berdasarkan efek dan intensitas, Anda dapat mengubah proporsi yang Anda gunakan. Sekali lagi, ini bagus untuk menghilangkan bekas luka yang membandel dan juga membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.

6. Peeling TCA

Juga dikenal sebagai pengelupasan trikloroasetat, pengelupasan ini sangat kuat. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan ini saat Anda mencoba pengelupasan kimia ini di rumah. Meskipun demikian, ini sangat bagus jika Anda ingin menghilangkan kulit terbakar matahari dan mengatasi hiperpigmentasi, atau bahkan stretch mark dan bekas luka lainnya.

7. Peeling Jessner

Ini adalah bentuk pengelupasan yang sangat berbeda. Ini sebenarnya adalah campuran dari tiga bahan; asam salisilat, resorsinol, dan asam laktat, dan menggabungkan yang terbaik dari ketiga komponen tersebut. Ini adalah pilihan terbaik jika Anda ingin menghilangkan jerawat, bekas luka yang dihasilkan, dan hiperpigmentasi serta noda secara bertahap. Satu-satunya masalah dengan bahan ini adalah membuat kulit sangat kering. Jadi, tergantung pada jenis kulit Anda, sediakan pelembap.

Cara Melakukan Chemical Peeling Di Rumah

Sekarang tiba bagian yang penting; bagaimana cara menggunakan chemical peeling di rumah? Anda telah menyiapkan semua bahan yang relevan, berkonsultasi dengan dokter, dan tidak ada komplikasi, serta memiliki semua yang Anda butuhkan. Namun, bagaimana tepatnya memulainya? Kami akan membantu Anda.

Catatan: Jangan lupa untuk melakukan uji tempel bahan-bahan setidaknya 24 jam sebelum prosedur sebenarnya.

Langkah 1: Bersihkan

Langkah pertama adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dan membuang semua kotoran, debu, dan kotoran. Cobalah menggunakan pembersih yang lembut, bebas sabun, dan bebas sulfat untuk hal yang sama

Langkah 2: Lindungi

Tutupi area sensitif di wajah Anda, seperti mata, lubang hidung, dan sudut bibir. Asam dapat dengan mudah mengiritasi kulit halus di tempat-tempat ini, bahkan jika Anda tidak memiliki kulit sensitif dan Anda tidak menginginkannya. Anda dapat mengoleskan petroleum jelly tipis-tipis dan itu akan berhasil.

Langkah 3: Oleskan

Sekarang oleskan larutan menggunakan kapas atau bantalan kapas dari area kulit yang kurang sensitif ke area yang lebih sensitif. Kami sarankan Anda untuk mengoleskannya terlebih dahulu pada area seperti dahi dan pipi, lalu beralih ke area yang lebih kecil dan lebih sensitif seperti hidung dan leher.

Langkah 4: Diamkan

Biarkan larutan pada wajah Anda selama waktu yang disarankan. Anda bahkan dapat membersihkannya sebelum waktu yang disarankan, tetapi jangan biarkan lebih lama dari waktu yang disarankan.

Langkah 5: Bersihkan

Sekali lagi, sesuai petunjuk yang tertera, bersihkan kulit dengan hati-hati. Oleskan larutan penetral pada wajah Anda. Hal ini dilakukan agar bahan kimia tidak terus bekerja ekstra pada kulit dan merusaknya. Hal yang perlu diperhatikan dari bahan-bahan pengelupas kimia adalah bahan-bahan tersebut efektif pada kulit jika digunakan selama durasi yang disarankan. Oleh karena itu, mengoleskan larutan penetral memastikan Anda memperoleh manfaat yang maksimal.

Baca Juga :

Mengenal Manfaat Peeling Yang Wajib Kamu Tahu

REVIEW: Finns Soft Peeling Gel

REVIEW: Innisfree Wine Peeling Jelly Scrub

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apakah K-Beauty Cocok untuk Kulit Wanita Indonesia?

Dalam beberapa tahun terakhir, industri perawatan kulit global