Meskipun PCOS tidak dapat disembuhkan secara permanen, pengobatan bersama dengan suplemen, praktik, dan perubahan pola makan tertentu dapat membantu Anda mengatasinya. Berikut ini beberapa tips untuk membantu mengatasi PCOS.

  1. Perubahan pola makan

Mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari bahan-bahan tertentu dapat membantu Anda mengelola gejala-gejala Anda. Pola makan yang bergizi dapat membantu mengatur hormon dan siklus menstruasi Anda. Mengonsumsi makanan olahan yang diawetkan dengan baik dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin.

  1. Semuanya tentang makanan utuh

Makanan utuh bebas dari gula buatan, hormon, dan pengawet. Makanan-makanan ini sedekat mungkin dengan keadaan alaminya yang tidak diolah. Buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan adalah makanan utuh yang dapat Anda tambahkan ke dalam pola makan Anda.

Tanpa hormon dan pengawet, sistem endokrin Anda dapat mengatur gula darah Anda dengan lebih baik.

  1. Seimbangkan asupan karbohidrat dan protein

Karbohidrat dan protein memengaruhi energi dan kadar hormon Anda. Mengonsumsi protein merangsangSumber Tepercaya tubuh Anda untuk memproduksi insulin. Makanan yang tidak diolah dan tinggi karbohidratSumber Tepercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Daripada mencoba pola makan rendah karbohidrat, fokuslah untuk mendapatkan cukup protein sehat.

Sumber Tepercaya adalah sumber protein nabati terbaik, seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

  1. Bertujuan untuk anti-inflamasi

PCOS digambarkan oleh satu studiSumber Tepercaya sebagai peradangan kronis tingkat rendah. Menambahkan makanan anti-inflamasi ke dalam diet Anda dapat membantu meredakan gejala Anda.

Pertimbangkan diet Mediterania sebagai pilihan. Minyak zaitun, tomat, sayuran hijau, ikan berlemak seperti makarel dan tuna, dan kacang pohon semuanya melawan peradangan.

  1. Tingkatkan asupan zat besi Anda

Beberapa wanita dengan PCOS mengalami pendarahan hebat selama menstruasi. Hal ini dapat mengakibatkan kekurangan zat besi atau anemia. Jika dokter Anda telah mendiagnosis Anda dengan salah satu kondisi tersebut, bicarakan dengan mereka tentang cara Anda dapat meningkatkan asupan zat besi Anda. Mereka mungkin merekomendasikan untuk menambahkan makanan kaya zat besi seperti bayam, telur, dan brokoli ke dalam diet Anda.

Anda tidak boleh meningkatkan asupan zat besi Anda tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Terlalu banyak zat besi dapat meningkatkan risikoSumber Tepercaya komplikasi.

  1. Tingkatkan asupan magnesium Anda

Kacang almond, kacang mete, bayam, dan pisang adalah makanan yang ramah bagi PCOS yang kaya akan magnesium.

  1. Tambahkan sedikit serat untuk membantu pencernaan

Diet tinggi serat dapat membantu meningkatkan pencernaan Anda. Kacang lentil, kacang lima, brokoli, kubis brussel, pir, dan alpukat semuanya kaya akan serat.

  1. Hentikan konsumsi kopi

Konsumsi kafein dapat dikaitkan dengan perubahan kadar estrogen dan perilaku hormon. Cobalah untuk meningkatkan energi Anda dengan alternatif tanpa kafein, seperti teh herbal. Khasiat probiotik kombucha juga dapat bermanfaat.

Dan jika Anda tidak dapat hidup tanpa asupan kafein, pilihlah teh hijau sebagai gantinya. Teh hijau telah terbukti dapat meningkatkan resistensi insulin. Teh hijau juga dapat membantu mengelola berat badan pada wanita dengan PCOS.

  1. Inositol

Inositol adalah vitamin B yang dapat membantu meningkatkan resistensi insulin. Inositol juga ditemukan dapat membantu kesuburan dalam beberapa kasus PCOS.

  1. KromiumSumber Tepercaya

Suplemen kromium dapat meningkatkanSumber Tepercaya indeks massa tubuh Anda, yang dapat membantu mengatasi PCOS. Suplemen ini juga dapat menstabilkan resistensi insulin dengan membantu tubuh Anda memetabolisme gula.

  1. Kayu manis

Kayu manis berasal dari kulit pohon kayu manis. Ekstrak kayu manis telah terbuktiSumber Tepercaya memiliki efek positif pada resistensi insulin. Kayu manis juga dapat mengatur menstruasiSumber Tepercaya bagi wanita dengan PCOS.

  1. Kunyit

Bahan aktif dalam kunyit disebut kurkumin. Kunyit mungkinSumber Tepercaya menjanjikan untuk mengurangi resistensi insulin dan sebagai agen anti-inflamasi.

  1. Seng

Seng adalah elemen jejak yang dapat meningkatkan kesuburan dan sistem kekebalan tubuh Anda. Pertumbuhan rambut yang berlebihan atau tidak diinginkan dan alopecia dapat ditingkatkanSumber Tepercaya dengan suplemen seng.

Anda juga dapat mengonsumsi daging merah, kacang-kacangan, kacang pohon, dan makanan laut untuk mendapatkan lebih banyak seng dalam makanan Anda.

  1. Kombinasi vitamin D dan kalsium

Vitamin D adalah hormon yang penting bagi sistem endokrin Anda. Kekurangan vitamin D umum terjadi pada wanita dengan PCOS. Vitamin D dan kalsium dapat memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur dan membantu Anda berovulasi.

  1. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod mengandung vitamin D dan A, serta asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Asam-asam ini dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi yang teratur dan membantu menghilangkan lemak di sekitar pinggang Anda.

Baca Juga :

Mengelola PCOS Dengan Diet: Apa yang Harus Dimakan dan Apa yang Harus Dihindari

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Bisakah Diet Anda Meringankan Gejala Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi