Jika Anda melewatkan ubi jalar karena satu-satunya pengalaman Anda dengan sayuran akar ini adalah sebagai lauk yang digoreng dengan minyak, diolesi mentega, atau ditaburi marshmallow panggang, Anda melewatkannya. Ubi jalar sebenarnya merupakan pilihan karbohidrat bertepung yang sangat baik, berkat kandungan seratnya yang tinggi dan nutrisi bermanfaat.

Ubi jalar baik untuk penderita diabetes, orang yang ingin menurunkan kolesterol, dan orang yang ingin menurunkan berat badan—ditambah lagi, rasanya enak! Inilah mengapa Anda harus berhenti menghindari ubi jalar dan mulai menjadikannya sebagai bagian dari pola makan sehat.

Bukan sekadar pelengkap diet yang murah, mudah, dan lezat, ada beberapa manfaat ubi bagi kesehatan. Berikut manfaat mengonsumsi ubi jalar bagi kesetan.

1. Tinggi serat.

Jika Anda mencari makanan enak dan berserat tinggi, coba lihat umbi-umbian ini. Mereka mengandung serat larut dan tidak larut—sekitar 4 gram per cangkir—yang membantu menjaga pergerakan usus Anda tetap teratur, kata dokter dan ahli diet terdaftar Amy Burkhart, MD, dari The Celiac MD. Semua serat makanan itu juga baik untuk menurunkan kolesterol: Mengonsumsi serat larut setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL Anda beberapa poin.

2. Memiliki nutrisi yang banyak

Banyak makanan baik untuk Anda yang biasa disebut “makanan super”, tetapi jika ada satu yang pantas menyandang gelar tersebut, itu adalah ubi jalar. Serat, vitamin B6, A, C, dan K, serta potasium hanyalah beberapa nutrisi penting dalam satu porsi ubi jalar. Saat Anda menggabungkan profil nutrisi sehat ini dengan jumlah lemak minimal dan kandungan gula yang indeks glikemiknya relatif rendah, Anda akan mendapatkan resep “makanan super” yang sesungguhnya.

Ubi jalar juga merupakan sumber kalsium non-susu. Satu ubi jalar berukuran besar memiliki 68 mg kalsium.

Dan apakah kami menyebutkan sifat antioksidannya? Banyak varietas ubi jalar, terutama ubi jalar ungu, memiliki tingkat antioksidan tinggi yang disebut antosianin—bahkan sangat tinggi sehingga memiliki manfaat anti-inflamasi dan antikanker karena melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Beberapa jenis ubi jalar—khususnya varietas Caiapo—telah terbukti menurunkan kadar glukosa darah puasa dan menurunkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin, menurut ahli diet yang berbasis di New Jersey Erin Palinski-Wade, RD, penulis 2 Day Diabetes Diet. Artinya, meskipun lebih manis dari kentang biasa, kandungan seratnya yang tinggi menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes yang perlu memantau gula darahnya.

Ubi jalar dapat dimasukkan ke dalam menu makanan penderita diabetes sekaligus menjaga gula darah tetap terkendali. Ubi jalar menyediakan sumber serat yang baik, yang membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, mencegah lonjakan glukosa darah secara drastis, dan meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

4. Baik untuk kesehatan usus.

Ubi jalar mengandung serat dan pati resisten dalam jumlah tinggi, yang berfungsi membantu menjaga mikrobioma usus Anda tetap sehat, kata Dr. Burkhart. Sementara serat memasok prebiotik ke usus Anda, mendorong pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat, pati resisten “memberi makan” bakteri usus, membantu menyeimbangkan mikrobioma, menurunkan gula darah, mengurangi nafsu makan, dan melawan peradangan.

5.Mereka dapat meningkatkan kesehatan mata Anda.

Dalam hal menjaga kesehatan mata, wortel bukanlah satu-satunya sayuran yang harus Anda konsumsi. Ubi jalar juga merupakan sumber karotenoid yang baik seperti beta karoten, yang memberi warna oranye pada ubi jalar dan melindungi kesehatan mata sekaligus melawan peradangan. Tubuh kita pada dasarnya mengambil beta karoten dan mengubahnya menjadi vitamin A, yang telah terbukti memiliki manfaat besar dalam mengurangi risiko degenerasi makula, menurut sebuah studi tahun 2019 di Antioksidan.

Kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan pada masa kanak-kanak di seluruh dunia, mempengaruhi 250.000 hingga 500.000 anak setiap tahunnya. Mengonsumsi ubi jalar, makanan yang murah dan banyak tersedia, dapat membantu menyediakan lebih banyak vitamin A dalam makanan anak dan dengan demikian melawan kebutaan pada masa kanak-kanak.

Baca Juga :

Ubi Vs Kentang? Mana Yaa Yang Lebih Baik

5 Makanan Kaya Biotin Teratas untuk Pertumbuhan Rambut yang Lebih Sehat

Ini Alasan Merokok Menghabiskan Vitamin Dalam Tubuh Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi