Kulit kering memang salah satu tipe kulit yang membutuhkan perhatian khusus. Pada bagian pertama sudah dibahas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan keringnya kulit. Selanjutnya bagaimana menangani kulit kering ini? Sebelumnya kita cari tahu dulu kondisi medis yang mendasari seseorang memiliki kulit kering.

Faktor Medis

Selain faktor lingkungan, ternyata ada kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kulit kering, diantaranya:

  1. HIV
  2. Adanya penyakit tertentu seperti diabetes, ginjal, dan tiroid
  3. Penggunaan obat-obatan tertentu yang bersifat statin (membantu penurunan kadar kolesterol) maupun diuretik (obat-obatan yang membantu mengeluarkan cairan tubuh dengan meningkatkan produksi urin)
  4. Pasien cuci darah, pengobatan gagal ginjal, hingga pasien kanker yang harus menjalani kemoterapi  (obat-obatan yang membunuh sel kanker)

Perawatan Kulit Kering

Ada banyak cara untuk  meredakan kulit kering. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan pelembab secara langsung pada area kulit  yang memiliki kandungan bahan untuk menghidrasi kulit.

Pilih produk yang bertekstur lembut di kulit. Pilih pelembab dengan bahan utama yang membantu kulit seperti ceramide. Untuk kasus kulit yang super kering, mungkin saja Anda membutuhkan resep dari dokter spesialis kulit.

Aplikasikan pelembab setidaknya dua kali sehari untuk membantu melembabkan kulit yang kering.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan kebaikan ceramide NP untuk kulit karena bahan ini mampu memberikan perlindungan pada kulit. Bahan ini juga sangat efektif bekerja pada area kaki bagian bawah.

Anda juga bisa membuat udara di sekitar Anda tetap lembab dengan memasang humidifier di rumah Anda. Penggunaan humidifier akan membantu mengatasi kekeringan pada kulit Anda.

Jika memang paparan sinar matahari cukup tinggi, atau kondisi air dan faktor lingkungan lain yang menyebabkan keringnya kulit, segera ambil tindakan seperti menggunakan sarung tangan saat mencuci piring, menggunakan jaket saat berada di luar ruangan, dan lainnya.

Jika xerosis atau kondisi keringnya kulit terjadi akibat adanya kondisi medis segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dengan segera. Jangan menunda-nunda, karena semakin ditunda akan semakin sulit ditangani.

Pencegahan Xerosis

Bagaimana melakukan pencegahan agar kulit tetap lembab? ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Oleskan pelembab segera setelah melakukan aktivitas seperti mencuci piring, mandi, atau berendam. Oleskan pelembab ini ke seluruh tubuh sesuai kebutuhan.
  2. Pilih lotion dengan kandungan bahan pelembab yang melindungi kulit, seperti jojoba oil, shea butter, atau asam hialuronat.
  3. Anda juga bisa memilih deterjen dengan label hipoalergenik yang cenderung lebih ramah di kulit 
  4. Anda bisa memilih baju dengan bahan katun atau sutra. Hindari bahan wool karena beresiko menyebabkan rasa gatal pada kulit.
  5. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat musim dingin dan berada di luar ruangan. Gunakan juga saat berkebun untuk melindungi tangan
  6. hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. 

Kapan Harus Segera Berkunjung Ke Dokter?

Jika kulit Anda tidak mengalami perubahan dengan banyaknya tips yang dilakukan, atau jika Anda mengalami rasa gatal yang luar biasa secara terus menerus, maka Anda bisa segera berkunjung ke dokter.

Umumnya dokter akan menanyakan beberapa hal sebelum meresepkan obat yang akan diberikan mulai dari sejak kapan terasa gatal? apakah Anda ada berganti sabun atau produk perawatan kulit? adakah riwayat alergi dari keluarga?

Setelah mendapatkan penjelasan dari Anda, barulah dokter akan meresepkan obat yang dibutuhkan.

Baca Juga :

5 Masker Wajah Buatan Sendiri Terbaik Untuk Kulit Kering

7 Bahan Rumahan yang Efektif Untuk Kulit Kering

Panduan Utama Pembersih Wajah yang Melembabkan untuk Kulit Kering: Memelihara dan Mengembalikan Cahaya Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apakah K-Beauty Cocok untuk Kulit Wanita Indonesia?

Dalam beberapa tahun terakhir, industri perawatan kulit global