Saat stretch mark muncul, tentu juga muncul pertanyaan dalam diri Anda, “Apakah stretch mark ini dapat hilang dengan sendirinya?”. Sayangnya, stretch mark tidak dapat hilang dengan sendirinya. Bahkan bekasnya akan tetap terlihat walaupun sudah memudar.

Walaupun tidak dapat hilang dengan sendirinya, namun bagi sebagian orang, stretch mark dapat memudar dengan sendirinya. pada beberapa orang dibutuhkan hitungan bulan untuk membuat bekas stretch mark ini memudar, tetapi ada juga yang membutuhkan hitungan tahun hingga bekas stretch mark ini benar-benar memudar.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Stretch Mark?

Stretch mark memang sulit untuk hilang seluruhnya, namun ada beberapa perawatan tertentu yang dianggap efektif untuk membantu mengurangi bekas luka (stretch mark ini).

Perawatan Topikal

Perawatan topikal dilakukan dengan mengoleskan krim, gel, atau lotion yang pada bagian kulit yang mengalami stretch mark. Pengolesan krim ini juga dapat dioleskan walaupun tidak muncul stretch mark sebagai pencegahan. Tapi sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kulit atau kandungan Anda bagi yang sedang hamil  untuk memastikan krim ini aman untuk Anda dan janin Anda.

Aa beberapa krim yang direkomendasikan, seperti asam hialuronat, gel silikon, hingga tretinoin. Anda bisa menanyakan pada dokter Anda mengenai obat mana yang sesuai. Beberapa orang mungkin memilih untuk melakukan pengobatan alami seperti mengoleskan minyak zaitun atau minyak alami lainnya. Sayangnya belum ada bukti valid yang membuktikan bahwa mengoleskan natural oil ini dapat benar-benar memudarkan stretch mark.

Saat ingin mengetahui efektivitas suatu produk, ada baiknya untuk lakukan dengan segera setelah stretch mark muncul. Penerapan krim topikal sejak dini akan membuat pengobatan jauh lebih efektif, sedangkan pengobatan topikal umumnya kurang efektif jika dilakukan pada stretch mark yang sudah lama. Saat pengolesan krim, lotion, atau gel ini, berikan pijatan lembut pada area stretch mark. Bagaimanapun, bersabarlah karena pengobatan membutuhkan waktu.

Tindakan/Prosedur

Dokter kulit mungkin dapat menyarankan beberapa prosedur untuk membantu memudarkan bekas stretch mark Anda, diantaranya:

  1. Terapi laser dan cahaya
  2. Pengelupasan kimiawi
  3. Microneedling yang dilakukan dengan jarum mikro
  4. Mikrodermabrasi

Prosedur apa yang tepat tentu disesuaikan dengan beragam faktor,s eperti usia dan berapa lama stretch mark yang dialami.

Kapan Harus Ke Dokter?

Stretch mark sebenarnya wajar terjadi saat seseorang hamil, pubertas, atau saat seseorang mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Anda tidak perlu mengunjungi dokter kecuali stretch mark Anda mengalami iritasi atau terasa sangat gatal. 

Anda bisa mengunjungi dokter saat ada tanda stretch mark yang muncul begitu saja tanpa Anda tahu penyebabnya.

Cara Dokter Mendiagnosis Stretch 

Kondisi yang wajar untuk muncul stretch mark, seperti kehamilan dan pubertas sebenarnya membuat dokter tidak memerlukan diagnosis formal, namun jika memang kemunculan stretch mark ini tidak berkaitan dengan kondisi di atas, dokter akan melakukan  beberapa tes untuk menemukan penyebabnya.

Tes biasanya dilakukan secara fisik dan menanyakan beberapa hal seperti kapan stretch mark mulai muncul? Apakah Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Apakah munculnya stretch mark ini diikuti dengan gejala lain?  

Mencegah Munculnya Stretch Mark

Tidak jelas apakah stretch mark dapat dicegah atau tidak, namun beberapa orang percaya dengan mengoleskan krim dan natural oil dapat membantu mencegah munculnya stretch mark ini walaupun memang belum ada penelitian khusus yang dilakukan.

Baca Juga :

5 Langkah Untuk Solusi Stretch Mark Anda

Jangan Sampai Stretch Mark Membuat Penampilan Kamu jadi Drop Yaa!!!

<strong>10 Tips untuk Mengurangi Stretch Mark Anda</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi