Mungkin banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa itu kecanduan belanja. Kecanduan belanja atau seringkali dikenal dengan Shopping Addiction atau Shopaholic bagi pelakunya adalah suatu kondisi seseorang yang melakukan pengeluaran impulsif untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu untuk menghilangkan stress, kecemasan, dan ketegangan.

Shopping Addiction juga sering dikenal sebagai Compulsive Buying Disorder atau gangguan pembelian konsumtif yang tentunya akan berdampak terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka.

CBD memiliki empat tahapan yang terjadi sebelum, selama, dan setelah Anda melakukan pembelian, diantaranya:

Antisipasi. Pada tahap ini, Anda memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang spesifik atau sangat ingin  melakukan pembelian.

Persiapan. tahap selanjutnya, Anda merencanakan pengalaman belanja Anda untuk meneliti barang yang akan dibeli. Umumnya akan dilakukan survey beberapa toko untuk meneliti barang yang diinginkan.

Berbelanja. Akhirnya waktu berbelanja tiba. Disinilah kegembiraan muncul.

Pengeluaran.  Walaupun ada beberapa orang yang justru kecewa setelah mengetahui bahwa belanjaan mereka tidaklah terlalu dibutuhkan.

Berbelanja adalah hal yang wajar untuk dilakukan, karena memang kita memiliki kebutuhan untuk dibeli, namun jika berlebihan tampaknya juga tidak baik. Ada beberapa perbedaan dari seseorang yang berbelanja biasa dan kecanduan berbelanja.

Bagi Anda yang berbelanja biasa, Anda cenderung membeli barang yang memang dibutuhkan, sedangkan bagi Anda yang kecanduan berbelanja, Anda cenderung membeli barang yang kurang dibutuhkan, bahkan barang-barang ini bisa saja tidak Anda gunakan.

Mengenali Tanda Kecanduan Belanja

Penyedia layanan kesehatan mental seringkali memiliki metode khusus untuk mengukur apakah kebiasaan berbelanja akan lebih berbahaya dibandingkan berbelanja biasa. Metode ini dilakukan dengan memberikan kuesioner yang berisi 28 pertanyaan dan hasilnya ada beberapa tanda seseorang kecanduan berbelanja, diantaranya:

  1. Mood Anda Akan Berbuah Buruk Saat Tidak Menghabiskan Uang

Saat tidak membeli sesuatu, suasana hati Anda bisa berubah sangat cepat bahkan bisa menjadi stress. Akibatnya, orang tersebut bisa saja menarik diri karena ada sesuatu yang menghalangi mereka untuk mengeluarkan uang.

  1. Mood Anda Akan Meningkat Saat Berbelanja

Seseorang membeli barang memang karena butuh, namun beberapa orang justru membeli barang untuk meningkatkan mood. Saat cemas dan sedih mungkin saja Anda ingin berbelanja untuk menghilangkan perasaan ini. Berbelanja dapat membuat Anda lupa sejenak akan penyebab stress yang Anda alami.

  1. Berbelanja Mengganggu Hidup Anda

Pengeluaran kompulsif mungkin saja memberikan dampak negatif terhadap sekolah dan prestasi Anda. Saat berbelanja menyebabkan Anda lupa akan tanggung jawab, bahkan menyebabkan pertengkaran dalam hubungan Anda, maka inilah tanda bahwa seseorang kecanduan berbelanja.

  1. Terganggunya Kesejahteraan Anda

Kecanduan berbelanja mungkin saja memberikan dampak negatif terhadap kesejahteraan Anda. Anda memiliki banyak hutang, sehingga dilanda rasa bersalah atas kebiasaan Anda ini.

  1. Terobsesi Berbelanja

Pikiran Anda selalu dipenuhi dengan list belanjaan. Anda selalu memikirkan barang apa yang akan dibeli. Pikiran Anda selalu dipenuhi dengan sesuatu yang akan dibeli terus menerus.

  1. Kebiasaan Belanja Tak Dapat Dikurangi

Namanya kecanduan, pasti akan sulit untuk dihentikan, begitu pula seseorang yang kecanduan berbelanja. Ada masa mungkin Anda membatasi belanja, namun keesokan harinya akan muncul lagi keinginan untuk berbelanja.

  1. Memburuknya Kebiasaan Berbelanja

Tak hanya kebiasaannya saja, namun intensitas berbelanjanya juga mengalami peningkatan. Misalnya saja kemarin berbelanja 5 buah baju, maka pembelanjaan selanjutnya ia juga harus membeli 5 buah baju atau lebih untuk mendapatkan kepuasan yang sama seperti sebelumnya.

Apakah Anda mengalami salah satu tanda di atas? jika iya yuk mulai berubah perlahan. Selain itu, kenali penyebabnya. Kita akan membahasnya di bagian kedua.

Baca Juga :

<strong>4 Cara Menemukan Shade Foundation Yang Tepat Saat Belanja Online</strong>

8 Trik Supermarket Ini Membuat Kamu Boros Belanja

4 Tips Berbelanja dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Self Isolation

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi