Siapa yang tak kenal junk food. Makanan yang satu ini dianggap sebagai makanan yang praktis dan murah. Anda dapat mudah menemukan makanan ini dijual di daerah Anda.Banyaknya jenis junk food tentu membuat makanan ini semakin digemari. Tapi, tahukah Anda jika junk food dapat menyebabkan kecanduan? di Bagian I dan Bagian II sudah kita bahas mengenai cara mengatasi kecanduan junk food. Lanjut membaca bagian terakhir tuk biar tuntas. 

Merubah Dapur Anda

Cek dapur Anda, terutama isi lemari es atau penyimpanan makanan. Apakah Anda berminat untuk mengganti makanan junk food di dalamnya? tak masalah habiskan dahulu daripada terbuang dan setelah habis ganti dengan pilihan makanan yang lebih bergizi. Hindari menyetok junk food di rumah, karena dapat menyebabkan keinginan makan junk food atau ngemil berlebihan.

Penelitian menyebutkan bahwa area otak yang bernama striatum yang memiliki tugas untuk mengatur nafsu makan akan bereaksi saat Anda melihat makanan yang menggoda. Penelitian ini menunjukkan bahwa Anda dapat saja mengkonsumsi dan ngemil makanan yang tidak sehat secara berlebihan, bahkan walaupun Anda tidak lapar sekalipun. 

Memang tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsi junk food, namun akan lebih bijak jika Anda menganti permen di meja Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat dan bergizi. Anda juga harus berpikir makanan apa yang sekiranya bergizi dan cocok untuk dikonsumsi sebagai pengganti junk food ini.

Menghindari Diet Ketat Atau Ekstrim

Apakah ada yangs edang diet di sini?metode diet apa yang Anda jalankan? banyak sekali metode diet yang dapat Anda jadikan pilihan, namun memilih diet yang terlalu ketat justru akan memperburuk hubungan Anda dengan makanan. 

Diet yang terlalu ketat justru dapat menyebabkan siklus naik turunnya berat badan yang beresiko menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga sindrom metabolik.

terlebih lagi, diet ketat ini benar-benar dilakukan dengan ekstrim hingga mengurangi karbohidrat dan gula secara total, padahal tubuh tetap memerlukan asupan karbohidrat dan gula. Akibatnya, muncul keinginan kuat untuk konsumsi makanan tersebut, dan biasanya dikonsumsi secara berlebihan.

Sebenarnya sah–sah saja jika Anda ingin diet demi mendapatkan tubuh ideal, namun untuk diet ini tentunya harus dilakukan dengan perlahan. Semuanya membutuhkan proses dan jangan berlebihan. 

Anda bisa memulai hidup sehat dengan mengatur pola makan terlebih dahulu. Yuk beralih ke pola makan yang lebih bergizi agar kita juga mendapatkan hasil kesehatan yang positif. Anda bisa memilih pola makan nabati atau Mediterania yang mengutamakan konsumsi makanan dengan protein atau serat tinggi, sehingga mampu memberikan rasa kenyang dan nutrisi baik bagi tubuh.

Belanja Secara Teratur

Luangkan waktu untuk mencatat menu harian Anda, dengan begitu Anda bisa berbelanja sesuai kebutuhan Anda. selain itu, dengan bahan yang lengkap Anda akan lebih rajin memasak dan mengurangi konsumsi junk food.

Penelitian menemukan bahwa seseorang yang sering berbelanja bahan makanan cenderung memiliki kualitas makanan lebih baik dibandingkan orang yang tidak berbelanja. 

jika memang Anda adalah tipe orang yangs ering lupa, kalap, dan bingung saat berberlanja ada baiknya Anda mencatat bahan makanan yang akan dibelanjakan nantinya. membuat daftar belanjaan akan membantu Anda tetap pada kebutuhan Anda dan terhindar dari membeli barang yang tidak diperlukan. Anda pun juga terhindar dari berbelanja junk food, dan tetap pada rencana awal untuk membeli makanan sehat seperti sayur, kacang-kacangan, dan buah.

Baca Juga :

Cara Cerdas Atasi Kecanduan Junk Food Dari Rumah (Bagian II)

Ini Manfaatnya Jika Kamu Berhenti Makan Junk Food

Cara Cerdas Atasi Kecanduan Junk Food Dari Rumah (Bagian I)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi