Siapa yang suka mengkonsumsi junk food? setidaknya seseorang pasti pernah mengkonsumsi junk food walaupun hanya sekali seumur hidup. Tidak salah, karena memang junk food adalah makanan yang mudah didapat. Tidak perlu waktu lama untuk membuat junk food, ditambah rasanya juga enak dan makanan ini biasanya dikemas dengan kemasan yang mudah untuk dibawa, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi ditengah kesibukan.

Dibalik kelezatan junk food, ternyata ia memberikan dampak  yang buruk untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Pada bagian I sudah ada beberapa cara untuk mengurangi kecanduan junk food. Apa lagi cara lainnya?

Konsumsi Makanan Yang Mengenyangkan

Menjadi sehat memang butuh sedikit usaha. Tak ada salahnya untuk belajar makanan apa yang baik untuk dikonsumsi dan buatlah rencana makan yang lebih sehat untuk mengurangi asupan junk food. Luangkan waktu untuk membuat perencanaan makan ini.

Kebanyakan junk food adalah makanan yang tinggi kalori, namun rendah nutrisi yang membuat tubuh tidak akan merasa kenyang. Untuk mendapatkan rasa kenyang, Anda harus mengkonsumsi banyak serat dan protein.

Alih-alih mengkonsumsi donat dan kopi manis, coba pikirkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan bagaimana dampak makanan tersebut pada tubuh. Ganti donat dengan buah dan  kopi tanpa gula yang lebih sehat. Selain sehat, makanan ini dapat membantu Anda mengurangi konsumsi junk food.

Tidur Dalam Jam Yang Cukup

Tidur adalah salah satu aktivitas yang penting bagi tubuh. Tubuh juga memiliki hak untuk beristirahat setelah bekerja. Saat kualitas tidur Anda buruk, maka keinginan untuk konsumsi junk food akan semakin tinggi. Bahkan, studi menemukan bahwa kurangnya kualitas tidur dapat membuat resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Penelitian tahun 2019 dilakukan dengan melibatkan 24 wanita. Penelitian dilakukan dengan mengurangi waktu tidur wanita ini sebesar 33% (2-3 jam) dan hasilnya, para wanita ini mengalami peningkatan rasa lapar dibandingkan dengan seseorang yang tidur normal. 

National Sleep Foundation merekomendasikan 7-9 jam tidur  per malamnya bagi orang dewasa untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

Mengelola Stress

Tak hanya fisik saja, namun stress juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang. Walaupun memang kita tak mungkin menghindari stress, namun ada baiknya kita belajar untuk mengelola dan memanajemen stress kita. Dengan manajemen stress yang sehat, asupan junk food pun dapat dikurangi.

Stress berkepanjangan dapat mempengaruhi hormon yang mengatur makan dan minum. Biasanya, seseorang yang stress cenderung tidak mau makan, namun ternyata hal ini salah. Penelitian menunjukkan hubungan stress dengan peningkatan nafsu makan dan konsumsi makanan enak seperti junk food.

Studi tahun 2021 dilakukan dengan melibatkan 1270 responden dewasa dan hasilnya ditemukan peningkatan konsumsi makanan olahan yang lebih tinggi terhadap seseorang dengan tingkat stress yang tinggi pula

Stress memang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, namun kita dapat mengelola stress dengan melakukan beberapa kegiatan seperti olahraga, terapi, meditasi, hingga mengunjungi tempat yang menarik.

Anda bisa mengajak teman untuk mengunjungi tempat favorit Anda. Selain itu, tak masalah untuk menceritakan masalah Anda kepada orang yang Anda percaya agar perasaan Anda lebih lega. 

Itulah beberapa cara untuk membantu Anda mengurangi konsumsi junk food. Ternyata masih ada beberapa cara lainnya di bagian 3 yang tidak kalah menarik untuk disimak. Yuk lanjut membaca bagian 3.

Baca Juga :

Cara Cerdas Atasi Kecanduan Junk Food Dari Rumah (Bagian I)

5 Dampak Junk Food Terhadap Kulit Kamu

Ini Manfaatnya Jika Kamu Berhenti Makan Junk Food

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi