Jika ada pertanyaan mengenai musim apa yang paling Anda tidak sukai? maka musim panas pasti menjadi jawabannya. Bagaimana tidak, suhu yang meningkat secara tiba-tiba tentu akan membuat gerah dan rasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

tak hanya berdampak pada kondisi fisik saja, namun suhu secara tiba-tiba juga mempengaruhi kondisi kulit. Kulit akan terkejut akan lonjakan suhu yang tiba-tiba, sehingga dalam kondisi ini, kulit membutuhkan perhatian lebih.

Persiapan pertama saat musim panas tiba adalah dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan SPF untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari. disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen ini setiap dua jam sekali.

Tak hanya ancaman sinar UV dari matahari saja, namun kulit juga dapat beresiko mengalami masalah lain seperti jerawat, peradangan, hingga kemerahan akibat meningkatnya polusi, terutama bagi penduduk kota ditambah produksi keringat yang meningkat saat musim panas 

Saat musim panas ini, apa rutinitas skincare yang biasa Anda lakukan? apakah Anda menambahkan produk tertentu? atau justru makin malas merawat kulit? sebenarnya tak perlu menggunakan banyak produk atau menggunakan skincare berlapis. Ada kiat khusus untuk membersihkan wajah tanpa membutuhkan waktu dan perawatan yang lama, yaitu:

Langkah Pertama : Pembersihan Ganda

Bagaimana rutinitas Anda dalam membersihkan wajah? mungkin sudah saatnya untuk melakukan pembersihan ganda pada wajah Anda. Pembersihan pertama dilakukan untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran pada wajah, sedangkan pembersihan kedua dilakukan untuk membersihkan sisa kotoran yang masih terjebak pada pori-pori.

Pilih produk yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan pembersihan ganda ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang baik walaupun musim panas sekalipun. Anda bisa membersihkan wajah menggunakan susu pembersih untuk membersihkan sisa makeup. Selanjutnya Anda bisa menggunakan Facial Wash yang berbahan lembut untuk membersihkan sisa kotoran yang mungkin saja masih menempel sekaligus membantu menyegarkan kulit.

Langkah Kedua : Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dengan tujuan agar muncul kulit baru yang sehat. Namun, proses eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan setiap hari. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali saja. 

Selain memunculkan kulit baru yang sehat, proses eksfoliasi dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh hingga lapisan kulit di dalam pori. Hayo, kapan nih terakhir kali Anda melakukan eksfoliasi kulit? 

Eksfoliasi juga memberikan manfaat baik lainnya untuk kulit, diantaranya :

  1. Membuat kulit lebih cerah
  2. Membuat penyerapan produk skincare Anda semakin maksimal
  3. Membantu membuka pori yang tersumbat, sehingga mengurangi terjadinya jerawat
  4. Membuat kulit tampak lebih kencang
  5. Menyeimbangkan rasa kering dan berminyak pada kulit
  6. Membuat tekstur kulit semakin lembut
  7. Mengurangi munculnya hiperpigmentasi

Betapa pentingnya eksfoliasi untuk dilakukan secara rutin, karena jika tidak dilakukan sel kulit mati akan terperangkap di di dalam lapisan luar kulit dan menumpuk. Sel kulit mati yang menumpuk inilah penyebab munculnya masalah kulit, diantaranya kering, bintik hitam, kulit yang kusam, tekstur kasar, hingga munculnya kerutan.

Dengan melakukan langkah sederhana ini, maka Anda tidak hanya akan merasakan kulit semakin sehat, namun Anda akan terhindar dari masalah kulit dan warna kulit pun akan lebih merata.  Satu hal juga yang tidak boleh dilupakan, yaitu Anda harus mengoleskan kembali sunscreen dengan kandungan SPF dua jam sekali. Selamat mencoba dan selamat datang kulit sehat.

Baca Juga :

Pilihan Tepat Masker Wajah untuk Kulit Bercahaya

5 Masker Wajah Buatan Sendiri Terbaik Untuk Kulit KeringPilihan Tepat Masker Wajah untuk Kulit Bercahaya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kuasai 4 Resep Masker Rambut DIY Berikut Yang Diresapi Dengan Kebaikan Madu

Rambut Anda membutuhkan nutrisi yang kuat agar tampak