Bosan, Anda menelusuri media sosial dan melihat foto semua orang – semuanya rapi dan sempurna. Anda menggulir dan menggulir dan memperhatikan kunci indah yang dimiliki setiap orang, cara indah mereka menata rambut mereka dan kemudian melihat rambut Anda yang tipis dan lemah. Sangat relevan? Jika penipisan rambut dan peningkatan kerontokan rambut adalah penyebab kekhawatiran Anda, jangan khawatir! Ada berbagai suplemen yang tersedia untuk merangsang pertumbuhan rambut, seperti yang mengandung keratin, peptida kolagen, biotin, asam hialuronat, semua vitamin alfabet, dan semua ini dapat membantu rambut Anda tumbuh kembali lebih panjang dan kuat dalam hitungan beberapa minggu untuk bulan. Jika Anda ingin mendapatkan dukungan vitamin untuk rambut Anda, maka kunci untuk mencapai hasil terbaik adalah dengan mengonsumsi pil setidaknya selama tiga bulan. Selanjutnya, kami akan menjawab pertanyaan paling relevan yang mungkin Anda miliki: vitamin apa yang baik untuk rambut?

Apakah Vitamin Rambut Sebenarnya Membantu Rambut Tumbuh Lebih Cepat?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, vitamin sangat bermanfaat untuk rambut Anda. Jika pertumbuhan rambut Anda yang terhambat disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau pola makan yang buruk, maka vitamin dan suplemen rambut sebenarnya dapat membantu Anda. Meskipun tidak ada bukti yang mendukung bahwa vitamin dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat, kekurangan vitamin tertentu dapat menjadi penyebab rambut rontok atau rapuh. Dalam hal ini, mengonsumsi setiap vitamin dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Bagaimana Saya Tahu Kekurangan Vitamin Mempengaruhi Rambut Saya?

Banyak dari kita mungkin kekurangan beberapa vitamin dan bahkan tidak menyadarinya. Berkurangnya pertumbuhan rambut dan meningkatnya rambut rontok dapat melambangkan kekurangan sampai batas tertentu. Itu karena ketika Anda tidak makan dengan baik, tubuh Anda akan menghentikan pertumbuhan rambut terlebih dahulu untuk mengalihkan nutrisi ke organ lain yang lebih membutuhkannya.

Di sisi lain, ketika Anda mengalami stres ekstrem (seperti sekarang, selama pandemi!), Anda mungkin menyadari semakin banyak kerontokan rambut. Hal ini karena ketika tubuh Anda stres, ia akan memberikan nutrisi yang paling dibutuhkan, sehingga mengakibatkan kesehatan rambut menjadi prioritas utama.

Meskipun ini adalah tanda-tanda kekurangan vitamin, satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti adalah dengan menguji kadar vitamin Anda.

Vitamin Apa yang Baik Untuk Rambut?

Jika Anda ingin mulai mengonsumsi vitamin untuk rambut, berikut vitamin yang paling bermanfaat bagi rambut Anda. Periksalah dan konsultasikan dengan dokter Anda satu kali sebelum Anda mulai meminumnya, jika Anda memiliki kondisi yang mendasarinya. Lebih baik aman daripada menyesal, bukan?

  1. Vitamin B

Jika rambut rontok Anda disebabkan oleh kekurangan nutrisi, maka Vitamin B baik untuk pertumbuhan rambut. Asupan Vitamin B telah menunjukkan peningkatan kualitas dan pertumbuhan rambut.

Bagaimana Vitamin B baik untuk rambut?

  • Vitamin B berperan penting dalam memproduksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke kulit kepala, sehingga membantu folikel rambut menghasilkan rambut baru. Mereka juga membantu DNA dan RNA menyediakan energi ke sel, menyerap protein dan memperbaiki sel. Ada delapan jenis Vitamin B, dan masing-masingnya membantu rambut Anda; namun, biotin (Vitamin B7), folat (Vitamin B9) dan Vitamin B12 disebut-sebut paling efektif. Berikut cara masing-masing produk membantu rambut Anda:
  • Vitamin B1 (Tiamin): Penting untuk pertumbuhan sel, Vitamin B1 dapat menurunkan kadar gula tinggi. Hal ini membantu karena kadar gula yang tinggi menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan meningkatkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, vitamin ini baik untuk kesehatan rambut karena pada akhirnya mencegah rambut rontok.
  • Vitamin B2 (Riboflavin): Penting untuk produksi kolagen, Vitamin B2 memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut dengan membantu mengaktifkan Vitamin B3 dan B6. Penelitian telah menemukan bahwa kekurangan Vitamin B2 dapat menyebabkan alopecia. Jadi, kami rasa cukup untuk mengatakan bahwa Vitamin B2 baik untuk rambut!
  • Vitamin B3 (Niacin): Selain meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, niacin memiliki efek antioksidan yang menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, ini juga meningkatkan pertumbuhan rambut dengan membangun kembali keratin, yang penting untuk pertumbuhan rambut dan kuku.
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat): Asam pantotenat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mendukung dan melindungi kelenjar adrenal. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin ini baik untuk pertumbuhan rambut.
  • Vitamin B7 (Biotin): Dalam hal kesehatan rambut, biotin adalah vitamin rambut yang paling banyak dicari! Ini merangsang produksi keratin di rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan folikel, sehingga membuat rambut Anda kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, biotin membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh penataan rambut yang terus-menerus dipanaskan, sehingga menghasilkan rambut berkilau.
  • Vitamin B9 (Folat): Berperan penting dalam pertumbuhan tubuh, folat menghasilkan sel-sel baru, sehingga membantu pertumbuhan rambut. Itu juga bisa membuat rambut Anda lebih berkilau.
  • Vitamin B12 (Cobalamin): Dengan membantu memproduksi sel darah merah yang kaya oksigen, vitamin ini meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memberi nutrisi pada folikel rambut.
  1. Vitamin D

Meskipun Vitamin D dikenal luas karena perannya dalam menjaga kesehatan tulang, Vitamin D juga berperan dalam pertumbuhan dan nutrisi rambut. Ini membantu dalam menciptakan folikel rambut baru, sehingga memfasilitasi pertumbuhan rambut. Selain itu, penelitian juga menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan alopecia areata, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut parah. Kekurangan vitamin D sering terjadi, jadi dapatkan dosis vitamin D harian Anda dari sinar matahari dan konsumsi juga suplemen.

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin lain yang baik untuk rambut. Penting untuk rambut dan kulit, Vitamin E menenangkan kelenjar minyak di kulit kepala, menjaganya tetap sehat. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, Vitamin E meningkatkan pertumbuhan rambut sehat dan memperbaiki folikel rambut yang rusak. Ini juga mengunci kelembapan, menjaga batang rambut agar tidak mengering. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa Vitamin E adalah vitamin terbaik untuk pertumbuhan rambut.

Gaya hidup dan genetika Anda juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, begitu pula perubahan hormonal. Jadi, jika Anda tidak kekurangan nutrisi, Anda tetap bisa mengonsumsi pil dan tablet yang mengandung Vitamin B, A, D, dan E. Obat-obatan tersebut mungkin membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda, namun hasilnya mungkin berbeda-beda. Namun, sebelum memulai penggunaan suplemen apa pun, bacalah label bahan dengan cermat dan ketahui apa yang ada di dalam suplemen Anda. Konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan vitamin apa pun untuk meminimalkan efek samping.

Baca Juga :

5 Makanan Kaya Biotin untuk Pertumbuhan Rambut yang Lebih Sehat

6 Manfaat Minyak Rosemary Untuk Pertumbuhan Rambut 

3 Manfaat Castor Oil untuk Pertumbuhan Rambut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Manfaat Mengejutkan dari Latihan Wajah

Saat kita berpikir tentang latihan, kita biasanya berpikir