Jika Anda selalu menolak gagasan meditasi karena merasa tidak bisa duduk diam dalam jangka waktu yang lama, kami punya kabar baik: Itu bukan satu-satunya jenis meditasi! Sebenarnya ada beberapa cara berbeda untuk bermeditasi. Meditasi bermanfaat bagi kebanyakan orang terlepas dari kepribadian atau gaya hidup mereka, tetapi karena ada berbagai teknik yang dapat dipilih, masuk akal untuk bereksperimen sampai Anda menemukan teknik yang cocok untuk Anda.

  1. Mindfulness

Orang sering salah mengartikan meditasi dan latihan mindfulness sebagai hal yang sama, namun mindfulness hanyalah salah satu jenis meditasi, yang mendorong seseorang untuk fokus pada saat ini daripada memikirkan masa lalu atau takut akan masa depan. Dia menambahkan bahwa penelitian menunjukkan hal itu dapat mengurangi impulsif, reaksi emosional dan fiksasi pada emosi negatif, serta mengurangi kecemasan, stres, dan depresi.

Faktanya, mindfulness adalah salah satu jenis meditasi terbaik untuk dipraktikkan jika Anda mengalami depresi,, mencatat bahwa hal-hal yang tampaknya kecil sekalipun—seperti mandi air panas dan memperhatikan suhu air di kulit Anda atau berjalan-jalan dan memperhatikan bagaimana perasaan bumi di bawah kaki Anda—dapat membantu orang yang mengalami depresi dengan mudah. menjadi rutinitas meditasi yang bermanfaat bagi mereka dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Latihan Pernafasan

Latihan pernapasan sangat membantu bagi penderita kecemasan, karena pernapasan yang terbatas dapat meningkatkan perasaan cemas dan dengan cepat memperburuk gejala. Untungnya, ada jenis meditasi untuk itu: Ini disebut kesadaran napas, atau pernapasan penuh kesadaran, dan variasi yang paling populer adalah pernapasan empat-delapan-tujuh (atau pernapasan kotak). Ini dapat membantu mengelola situasi stres.

Dalam latihan ini, orang bernapas dalam-dalam dan perlahan, sambil menghitung napasnya. Tujuannya adalah fokus hanya pada pernapasan dan mengabaikan segala pikiran yang masuk ke dalam pikiran; Sama halnya dengan meditasi kesadaran, kesadaran napas mengurangi kecemasan dan meningkatkan fleksibilitas emosional.

  1. Meditasi Terpandu

Meditasi terpandu adalah titik masuk yang sempurna bagi pemula meditasi karena ada banyak latihan audio dan aplikasi berbeda yang tersedia yang melatih Anda, langkah demi langkah, melalui sesi visualisasi dan meditasi. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk tetap fokus—bermanfaat bagi orang-orang dengan kecemasan, yang sering kali terhambat oleh proses berpikir yang terlalu aktif—dan menghindari gangguan oleh pikiran-pikiran negatif, ini adalah masalah umum yang dialami penderita depresi ketika mencoba bermeditasi.

  1. Meditasi Pemindaian Tubuh

Jenis meditasi ini melibatkan duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman dan “memindai” tubuh dari kepala hingga ujung kaki; Dengan kata lain, kenali sensasi, ketegangan otot, atau perasaan lain apa pun yang ada di tubuh, lalu ajak tubuh Anda untuk melepaskan perasaan tersebut. Jika dilakukan cukup sering, teknik pemindaian tubuh dapat membuat Anda lebih terbiasa dengan cara tubuh Anda merespons pemicu stres sepanjang hari, bahkan saat tidak sedang bermeditasi secara resmi, dan dapat mengajari Anda mengenali dan melepaskan ketegangan sebelum ketegangan itu terjadi.

Meskipun hal ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, namun orang-orang yang merasa tidak nyaman untuk memperhatikan gejala fisik mereka untuk menghindari pemindaian tubuh. Jika Anda merasakan banyak rasa sakit di tubuh Anda, baik karena kecemasan, depresi, atau alasan lain, atau kesulitan melepaskan ketegangan otot, berlatih dengan jenis meditasi yang berbeda.

  1. Relaksasi Otot Progresif

Jenis teknik relaksasi ini mirip dengan pemindaian tubuh. Ini melibatkan menegangkan, lalu melepaskan kelompok otot di seluruh tubuh. Misalnya, Anda bisa memulai dengan mengepalkan tangan selama 20 detik, lalu mengendurkan tangan selama 20 detik sebelum melanjutkan ke bagian lengan lainnya. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk melawan kecemasan bila digunakan untuk menargetkan area tegang tertentu.

  1. Meditasi Gerakan

Sekali lagi, hilangkan gagasan bahwa meditasi melibatkan duduk diam! Gerakan juga bisa bersifat meditatif, memberikan manfaat yang jelas bagi penderita depresi, khususnya: Menurut sebuah penelitian tahun 2019, tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi juga dapat mengurangi gejala depresi dan bahkan membantu mencegah episode depresi.

Jadi, bagaimana cara berlatih meditasi gerakan, yang terkadang disebut gerakan mindful? Beberapa latihan Tiongkok, seperti tai chi dan qi gong, menekankan gerakan lambat dan terarah yang dipadukan dengan pernapasan dalam untuk memaksimalkan hubungan pikiran-tubuh. Orang lain mencoba meditasi jalan, yang merupakan perpaduan antara kesadaran dan pemindaian tubuh yang mendorong Anda untuk tetap fokus pada momen saat ini dan memperhatikan sensasi tubuh Anda.

Baca Juga :

Teknik Meditasi Pemula untuk Dicoba Di Rumah

Siapa Bilang Meditasi harus Indoor? Ini Dia Buktinya

Ternyata Begini Manfaat Meditasi Menurut Sains. Nggak pengen coba?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Diet Golongan Darah O Positif Untuk Anda Yang Ingin Menurunkan Berat Badan 

Diet golongan darah, yang diciptakan oleh dokter naturopati