Jika Anda salah satu dari 80% hingga 90% orang dewasa yang memulai hari Anda dengan secangkir kopi, kemungkinan besar Anda akan mengalami penghentian kafein pada suatu waktu. Penarikan kafein biasanya terjadi ketika Anda berhenti mengonsumsi kafein secara “cold turkey” dan dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan—salah satu yang paling umum adalah sakit kepala akibat penghentian kafein. Beberapa orang dengan ketergantungan kafein mengalami sakit kepala jika mereka melewatkan Starbucks latte hariannya bahkan selama satu jam.

Jika Anda baru saja berhenti mengonsumsi kafein, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan sakit kepala akibat kafein. Hal ini sangat dapat dimengerti karena sakit kepala akibat penghentian kafein bisa terasa menyakitkan, tidak nyaman, dan bahkan melemahkan. Mari kita lihat apa yang menyebabkan sakit kepala akibat kafein, gejala apa yang harus diwaspadai, cara mengobatinya—dan yang terpenting, cara mencegahnya terjadi.

Apa itu sakit kepala akibat kafein?

Kata sakit kepala digunakan untuk menggambarkan semua jenis sakit kepala. Ada beberapa jenis sakit kepala, termasuk sakit kepala tegang, migrain, dan sakit kepala cluster. Sakit kepala berkisar dari ringan hingga parah dan memiliki banyak penyebab berbeda: perubahan pola tidur, reaksi terhadap makanan yang Anda makan, peningkatan stres, dehidrasi, dan perubahan hormonal.

Salah satu penyebab potensial sakit kepala adalah penghentian kafein. Ketika Anda rutin mengonsumsi kafein, tubuh Anda menjadi ketergantungan terhadapnya, dan ketika tubuh Anda tidak lagi mendapatkan kafein, gejala penarikan diri dapat terjadi. Sakit kepala akibat penghentian kafein adalah salah satu dari beberapa gejala yang dapat terjadi selama penghentian kafein. Sakit kepala ini normal dan umum terjadi. Penelitian telah menemukan bahwa sakit kepala terjadi sekitar 50% pada orang yang mengalami penghentian kafein.

Anda mungkin bertanya-tanya: Berapa lama sakit kepala akibat kafein berlangsung? Igor Smelyansky, MD, ahli saraf dan spesialis manajemen nyeri di Omega Pain Management di Knoxville, Tennessee, mengatakan bahwa sakit kepala akibat kafein dapat kambuh hingga 8 atau 9 hari, dalam beberapa kasus. Tentu saja, beberapa orang lebih beruntung dan hanya mengalami sakit kepala akibat kafein selama dua hari atau lebih.

Gejala sakit kepala akibat kafein

Ada kisaran kapan sakit kepala akibat kafein dimulai. Gejala sakit kepala akibat kafein dapat dimulai 12 jam setelah Anda terakhir kali mengonsumsi kafein. Orang yang sensitif terhadap efek kafein mungkin mulai mengalami gejala segera setelah mereka sedikit menyimpang dari jadwal kafeinnya. Misalnya, jika Anda rutin meminum secangkir kopi pada jam 7 setiap pagi, Anda mungkin merasakan efek penarikan diri pada jam 7:30 pagi. jika Anda tidak mendapatkan dosis harian tepat waktu.

Setiap peminum kopi biasa yang ‘melewatkan’ dosis rutin stimulan tersebut pada dasarnya dapat mengalami migrain penarikan. Namun, bagi banyak orang, gejala sakit kepala akibat kafein baru muncul lebih dari 24 jam setelah terakhir kali mereka mengonsumsi kafein. Penelitian menemukan bahwa gejala penarikan kafein cenderung mencapai puncaknya sekitar 20 hingga 51 jam setelah Anda berhenti mengonsumsi kafein.

Gejala sakit kepala akibat kafein bisa sangat parah. Sakit kepala yang berdenyut, berdebar-debar, seperti migrain. Gejala sakit kepala akibat penarikan akan bervariasi dari satu orang ke orang lain tetapi biasanya mencakup sakit kepala tipe berdenyut.

Penarikan kafein tidak hanya memengaruhi kepala Anda, tetapi bagian tubuh lainnya juga. Berikut tanda dan gejala penghentian kafein yang mungkin menyertai sakit kepala Anda:

  • Kelelahan
  • Kabut otak
  • Menurunkan energi
  • Perasaan tertekan
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Sifat lekas marah
  • Perubahan tekanan darah (menurun atau meningkat)
  • Peningkatan detak jantung Anda
  • Tremor
  • Kulit memerah
  • Sembelit
  • Mual
  • Merasa seperti Anda terserang flu
  • Otot kaku dan nyeri sendi
  • Badai terasa sakit

Tingkat keparahan gejala Anda mungkin bergantung pada dosis kafein yang biasa Anda konsumsi, atau berapa miligram kafein yang biasanya Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga :

6 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Kafein

15 Efek Samping Terlalu Banyak Kafein

<strong>Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Mengganti Kopi Biasa dengan Kopi Tanpa Kafein atau Decaffein </strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Diet Golongan Darah O Positif Untuk Anda Yang Ingin Menurunkan Berat Badan 

Diet golongan darah, yang diciptakan oleh dokter naturopati