Muntah mungkin merupakan kejutan yang tidak menyenangkan, tetapi ini adalah cara tubuh mengeluarkan isi perut yang berpotensi membahayakan. Namun yang lebih tidak menyenangkan dan bahkan mengkhawatirkan adalah ketika Anda sepertinya tidak bisa berhenti. Baik itu flu perut, keracunan makanan, kehamilan dini, alergi makanan, pengobatan kanker, atau penyebab lainnya, pengobatan rumahan tertentu dapat meredakannya. Di sini, kami berbagi beberapa cara terbaik yang direkomendasikan dokter untuk berhenti muntah, termasuk pengobatan rumahan yang populer dan obat-obatan yang dijual bebas (OTC) untuk menghentikan muntah.

Ada kalanya Anda harus membiarkan tubuh Anda muntah daripada ikut campur. Namun jika muntah terus berlanjut, ada pengobatan dan pengobatan tertentu yang dapat segera meredakan mual dan muntah untuk beberapa penyebab paling umum. Berikut adalah beberapa yang paling efektif.

1. Biarkan perut Anda istirahat

Orang yang baru saja muntah mungkin tidak ingin melihat makanan atau minuman apa pun, dan itu bagus. Jika Anda menelan sesuatu, tubuh Anda akan langsung mengira itu adalah awal dari makanan dan akan meningkatkan sistem pencernaan seperti yang dirancang. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar empat jam agar perut benar-benar kosong setelah makan. Jadi, biarkan perut kosong sekitar empat jam setelah muntah terakhir Anda.

2. Minumlah cairan bening

Setelah perut tenang, saatnya untuk kembali mengonsumsi sedikit cairan—tetapi hanya cairan bening yang tidak terlalu manis. Minum air atau mengisap es serut adalah yang terbaik, tetapi minuman olahraga, Pedialyte, soda datar, atau jus buah tertentu juga bisa digunakan. Mulailah dengan satu ons cairan bening, seperti air atau jus apel. Jika Anda bisa mendiamkannya selama satu jam, tambahkan satu ons lagi atau ambil dua ons, tiga ons, dan seterusnya sampai Anda bisa menahan cairan selama empat jam.

Hindari jus jeruk karena keasaman dapat mengiritasi lambung, begitu pula kopi dan alkohol. Dan jangan menenggak atau meneguknya dalam jumlah besar, karena dapat memperparah rasa mual. Seteguk kecil jauh lebih lembut di perut.

3. Makan makanan hambar

Jika cairan tetap berkurang selama beberapa jam, mungkin sudah waktunya untuk mengonsumsi makanan padat. Namun jangan langsung mengonsumsi makanan pedas, asam, atau berlemak. Sebaliknya, penyedia layanan kesehatan merekomendasikan diet BRAT, yang merupakan singkatan dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Makanan lembut dan rendah serat ini mudah dicerna, sehingga mengurangi tekanan pada saluran pencernaan yang sudah terlalu banyak bekerja. Makanan hambar lainnya yang baik untuk mengatasi mual antara lain makanan bertepung, seperti nasi, biskuit asin, biskuit, roti, pasta, atau kentang.

Mulailah dengan perlahan, dan jangan makan banyak sekaligus. Daripada tiga kali makan besar, bagilah menjadi enam atau lebih porsi kecil sepanjang hari, perlahan-lahan kembalikan pola makan normal.

4. Minum obat

Istirahat dan pola makan yang tepat setelah muntah dapat memberikan manfaat yang besar, namun beberapa kasus memerlukan penguatan. Obat antimuntah dan antimual tersedia tanpa resep (OTC) dan dengan resep dokter.

Antiemetik yang dijual bebas termasuk sediaan bismut seperti Pepto-Bismol (bismut subsalisilat) dan antihistamin seperti Dramamine (dimenhydrinate). Meskipun obat-obatan ini bisa Anda dapatkan tanpa resep, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda saat memilih antiemetik yang dijual bebas.

Dalam kasus mual kronis—seperti yang disebabkan oleh penyakit refluks gastroesofageal (GERD), maag, atau kemoterapi—obat resep mungkin diperlukan. Golongan obat umum untuk pengobatan mual dan muntah termasuk antagonis serotonin, antagonis reseptor neurokinin (NK-1), benzodiazepin, cannabinoid, dan antagonis dopamin.

5. Cari udara segar

Menurunkan kaca jendela adalah metode umum untuk mengobati mabuk perjalanan saat mengemudi, dan udara segar juga dapat mengurangi jenis mual lainnya, namun alasannya tidak sepenuhnya jelas. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan perubahan suhu tubuh, keluar dari ruangan yang mengandung bau pemicu, atau mungkin kombinasi beberapa faktor. Namun bagi seseorang yang merasa ingin muntah namun merasa cukup sehat untuk berjalan, alam bebas mungkin bisa menjadi angin segar.

6. Lakukan latihan pernapasan dalam

Bernapas dalam-dalam dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang dapat membantu menenangkan respons stres tubuh yang sering kali menyertai rasa mual. Menurut penelitian terbaru, latihan pernapasan mengurangi mual, muntah, dan muntah-muntah akibat kemoterapi pada pasien kanker. Meluangkan waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam dan merata pada saat-saat mual yang hebat dapat membantu mencegah muntah.

7. Ambil jahe

Orang-orang di seluruh dunia telah menggunakan jahe untuk mengatasi masalah pencernaan selama ribuan tahun karena dapat meningkatkan efisiensi saluran pencernaan, membantu memindahkan makanan melalui sistem. Bahkan saat ini, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa jahe memiliki efek positif terhadap muntah dan mual.

Sebongkah jahe mentah memang tidak menggugah selera, tapi teh jahe buatan sendiri—menambahkan jahe parut ke dalam air mendidih—bisa membuatnya lebih menarik. Ini juga tersedia dalam bentuk suplemen, dan ginger ale juga bisa bekerja dengan baik dalam keadaan darurat. Meskipun jahe dapat menenangkan perut, jika Anda belum menghilangkan apa pun yang mengganggu Anda, pengobatan rumahan tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

8. Gunakan minyak pepermin

Menyegarkan nafas bukanlah satu-satunya manfaat pepermin. Sudah lama menjadi pengobatan rumahan untuk semua jenis masalah usus, termasuk muntah. Sebagai pelemas alami, ini dapat membantu otot-otot di sekitar perut berhenti berkontraksi. Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2021 menyimpulkan bahwa minyak peppermint secara signifikan mengurangi frekuensi mual, muntah, dan muntah-muntah pada pasien kemoterapi yang menaruh setetes minyak di antara bibir atas dan hidung tiga kali sehari selama lima hari setelah kemoterapi. . Teh pepermin adalah pilihan yang bagus, tetapi aromaterapi pepermin juga bisa digunakan.

9. Ambil lemon

Pembangkit tenaga listrik jeruk ini memiliki banyak manfaat, termasuk pencegahan muntah. Namun, tidak selalu kandungan nutrisinya yang berhasil. Sebaliknya, itu adalah aromanya. Sebuah penelitian menemukan aroma lemon efektif untuk mengurangi muntah pada wanita hamil yang mengalami mual di pagi hari, dan penelitian lain menunjukkan bahwa aroma lemon juga efektif untuk mengurangi muntah dan mual pada pasien pasca operasi.

Air lemon juga dapat membantu meredakan sakit perut karena dapat membantu pencernaan. Berhati-hatilah karena jeruk sangat asam, terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan sakit perut tambahan atau refluks asam.

10. Cobalah akupresur

Akupresur, khususnya pada titik P6 atau Nei Guan di pergelangan tangan, merupakan pengobatan tradisional yang dapat membantu mengurangi rasa mual. Ini adalah terapi tradisional Tiongkok yang menggunakan tangan dan jari untuk memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu. Titik Perikardium 6 (atau P6) terletak di antara dua tendon di bagian bawah pergelangan tangan. Menekannya dapat mengubah pesan rasa sakit yang dikirimkan saraf tertentu ke otak, meski tidak efektif untuk semua orang.

Baca Juga :

Muntah Dan Mual Di Pagi Serta Cara Mengatasinya 

Cara Kerja Metformin serta Efek Sampingnya

Cari Tahu 7 Makanan yang Harus Dimakan Saat Mual 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Diet Golongan Darah O Positif Untuk Anda Yang Ingin Menurunkan Berat Badan 

Diet golongan darah, yang diciptakan oleh dokter naturopati