Kacang hijau memiliki rasa gurih dan bersahaja serta tekstur lembut dan renyah. Mereka mempunyai banyak nama lain, seperti kacang biasa, kacang panjang, kacang jepret, dan kacang Perancis. Apa pun sebutannya, kacang hijau mengandung banyak nutrisi bermanfaat, seperti serat makanan dan antioksidan. Mereka juga menawarkan manfaat bagi kesehatan usus, jantung, dan kekebalan tubuh Anda.

Inilah yang dikatakan para ahli dan peneliti tentang manfaat kacang hijau bagi kesehatan—dan mengapa Anda harus menambahkannya ke piring Anda.

1. Membantu pencernaan

Serat adalah nutrisi standar emas untuk sistem pencernaan. Serat dalam kacang hijau memberi nutrisi pada mikrobioma usus yang sehat. Kacang hijau juga dikenal untuk meningkatkan keteraturan dan menghilangkan sembelit.

Kacang hijau kaya akan serat makanan—satu cangkir mengandung 4 gram, menurut USDA. Rekomendasi serat makanan adalah sekitar 25 gram setiap hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria, menurut Academy of Nutrition and Dietetics. Tergantung pada kebutuhan serat Anda, kacang hijau menyediakan hingga 16% dari kebutuhan harian Anda dalam sekali makan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang hijau memiliki sifat kardioprotektif, kata Julie Pace, RDN, ahli gizi ahli gizi fungsional dan pemilik Core Nutrition Health and Wellness di Pearl, Mississippi. Sebagai permulaan, mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kacang-kacangan telah terbukti secara signifikan meningkatkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan diabetes tipe 2. Para peneliti telah menemukan bahwa kacang hijau bahkan dapat menurunkan kolesterol LDL dan risiko penyakit jantung.

Banyak manfaat kacang hijau bagi kesehatan jantung disebabkan oleh kandungan seratnya yang tinggi. Salah satu dari banyak manfaat serat makanan adalah mendukung kesehatan jantung, jelas Michelle Routhenstein, RD, ahli diet New York yang berspesialisasi dalam penyakit jantung. Hal ini dapat membantu menjelaskan mengapa kacang hijau mempunyai pengaruh positif terhadap kadar kolesterol.

Selain itu, mereka kaya akan flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa yang terdapat pada tumbuhan yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan otak. Mereka mengandung quercetin dan kaempferol yang tinggi, yang bersifat anti-inflamasi dan mendukung kesehatan jantung.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit

Makanan nabati seringkali merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, sehingga tidak mengherankan jika kacang hijau kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dikenal mendukung sistem kekebalan tubuh dan memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Kacang hijau segar dan mentah menyediakan sekitar 25% dari nilai harian vitamin C Anda hanya dalam satu cangkir. Antioksidan seperti vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung produksi kolagen, dan melindungi kulit dari radikal bebas. Beberapa vitamin C hilang saat Anda memasaknya, jadi Pace merekomendasikan untuk menikmatinya mentah atau memastikannya tidak terlalu matang.

4. Mendukung kesehatan tulang

Kacang hijau adalah sumber vitamin K yang sangat baik. Tergantung pada kebutuhan Anda, satu porsi kacang hijau dapat menyediakan hingga 50% dari nilai harian Anda, menurut USDA. Vitamin K terkenal karena perannya dalam pembekuan darah, tetapi juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin K memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan kepadatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin K dapat menurunkan risiko patah tulang, sehingga makanan seperti kacang hijau dapat menunjang kesehatan tulang, terutama pada penderita osteoporosis.

5. Mengatur kadar gula darah

Bagi jutaan penderita diabetesn, mengonsumsi makanan sehat yang menstabilkan kadar gula darah adalah prioritas utama. American Diabetes Association merekomendasikan karbohidrat kompleks yang kaya serat makanan dan menyebut kacang-kacangan sebagai jenis karbohidrat yang kecil kemungkinannya untuk meningkatkan gula darah. Routhenstein mengatakan kacang hijau merupakan makanan ideal untuk mengatur kadar gula darah.

Kacang hijau bahkan telah terbukti mengurangi komplikasi pada penderita diabetes, dan penelitian yang ada menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki efek menguntungkan pada kontrol glikemik pada penderita diabetes Tipe 2. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengeksplorasi sepenuhnya efek kacang hijau dalam mengelola diabetes.

6. Mendukung kehamilan yang sehat

Folat adalah nama lain dari vitamin B9. Versi sintetisnya adalah asam folat, yang sering digunakan dalam suplemen dan makanan yang diperkaya. Nutrisi ini sangat penting bagi wanita hamil—dan bahkan menjelang kehamilan—karena membantu mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida, menurut Office on Women’s Health. Kacang hijau kaya akan asam folat, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet Anda saat Anda hamil.

7. Membantu penurunan berat badan

Kacang hijau merupakan makanan rendah kalori yang dapat membantu pengelolaan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengalami defisit kalori, artinya Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Makanan rendah kalori seperti kacang hijau memungkinkan Anda kenyang tanpa menambahkan terlalu banyak kalori setiap kali makan.

Selain itu, kacang hijau kaya akan serat, yang membuat Anda kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah. Manfaat kacang-kacangan untuk menurunkan berat badan telah didokumentasikan dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat berkontribusi terhadap keberhasilan penurunan berat badan dan mencegah obesitas jika dimakan secara teratur dalam jangka waktu lama.

Baca Juga :

Kacang-Kacangan Terbaik Untuk Otak Anda

Manfaat Penting Kacang Hitam yang Bisa Kamu Dapatkan

7 Sumber Asam Amino Makanan Dan Manfaatnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Diet Golongan Darah O Positif Untuk Anda Yang Ingin Menurunkan Berat Badan 

Diet golongan darah, yang diciptakan oleh dokter naturopati