Kulit berminyak membutuhkan perawatan ekstra dan dalam hal perawatan kulit, produk biasa tidnak cukup. Anda memerlukan sesuatu yang khusus merawat kulit berminyak dan melakukan sesuatu yang sangat dibutuhkan yaitu mengontrol produksi sebum berlebih. Meskipun demikian, pembersihan adalah langkah terpenting untuk mengendalikan kelebihan sebum dan membersihkan kulit dari sifat berminyak. Jika pembersih yang tersedia di pasaran tidak cocok untuk Anda, Anda bisa mencoba Pembersih Buatan Sendiri Untuk Kulit Berminyak ini. Baca terus!

  1. Pembersih Soda Kue

Bahan dapur ini merupakan pembersih yang sangat efektif karena mampu menghilangkan kotoran secara menyeluruh, meredakan peradangan akibat jerawat, dan mengelupas kulit. Anda juga akan melihat kulit Anda bebas dari sebum berlebih dan terasa segar serta segar kembali.

Tip: Basahi wajah Anda dengan air. Ambil satu sendok teh soda kue dan gosokkan pada wajah basah Anda dengan gerakan memutar. Bilas dengan air dingin dan gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit Anda.

  1. Pembersih Air Mawar

Air mawar dikenal karena khasiatnya yang menenangkan kulit untuk mengatasi peradangan, tetapi juga merupakan bahan pengencang kulit yang bagus yang digunakan di banyak DIY untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Ini juga lembut di kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit ideal sekaligus membantu menghilangkan kotoran dari kulit Anda.

Tip: Rendam kapas dalam air mawar dan gosokkan ke seluruh wajah Anda. Bilas dengan air atau biarkan air mawar menempel di kulit Anda untuk menikmati efek mendinginkan.

  1. Pembersih Cuka Sari Apel

Sari cuka apel menyeimbangkan pH alami kulit dan menyerap kelebihan sebum yang dihasilkan sehingga kulit Anda bersih dan sehat. Kaya akan asam malat yang membantu mengelupas sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit dengan lembut.

Tips: Percikkan air ke wajah lalu oleskan campuran 1 sendok makan ACV yang dicampur 3 sendok makan air dengan bantuan bola kapas ke kulit Anda. Diamkan selama 3 menit lalu bilas dengan air.

  1. Pembersih Tepung Gram & Kunyit

Tepung gram adalah bahan yang bagus untuk kulit berminyak karena membantu pengelupasan kulit dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mencerahkan kulit. Dan jika dikombinasikan dengan kunyit, Anda akan mendapatkan pembersih wajah sehari-hari yang luar biasa yang bersifat antibakteri, anti-inflamasi, dan mencerahkan berkat sifat pengelupasannya.

Tip: Campurkan 1 sendok makan dengan ½ sendok teh baking soda dan sejumput kunyit. Basahi wajah Anda dan gosok dengan campuran ini sebentar. Cuci dengan air.

  1. Pembersih Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat mencerahkan dan mengontrol minyak yang sangat bermanfaat bagi kulit berminyak. Ini juga membantu membalikkan kerusakan akibat sinar matahari dan memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membantu mengobati jerawat, oleh karena itu menjadikannya pilihan ideal untuk pembersih wajah kulit berminyak buatan sendiri.

Tip: Campurkan 1 cangkir teh kamomil panas yang diseduh dengan 1 cangkir sabun castile, satu sendok teh minyak zaitun, dan 15 tetes minyak pohon teh. Pindahkan campuran ini ke dalam botol dan gunakan untuk mencuci muka setiap hari.

  1. Pembersih Buah Beri untuk Mengobati Kulit Berminyak

Buah beri kaya akan antioksidan, vitamin, dan asam esensial yang sempurna untuk merawat kulit berminyak. Mencuci kulit dengan buah beri akan membantu pengelupasan kulit ringan, mencerahkan, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan mengobati jerawat secara bersamaan.

Tip: Hancurkan stroberi, blueberry, atau anggur, lalu pijatkan ampasnya pada kulit Anda. Biarkan nutrisi penting diserap oleh kulit Anda selama 2 hingga 3 menit lalu bilas dengan air.

  1. Pembersih Lemon & Madu

Sarat dengan asam sitrat, lemon berfungsi sebagai pembersih kulit yang bagus untuk kulit berminyak. Jika dikombinasikan dengan madu untuk membuat pembersih wajah, Anda akan mendapatkan pembersih yang ideal untuk kulit berminyak. Lemon akan membantu mengatasi jerawat, membersihkan dan mencerahkan kulit, sedangkan madu akan membantu melembabkan dan menjaga keseimbangannya.

Tip: Campurkan 2 sendok makan madu dengan satu sendok makan jus lemon dan lapisi wajah Anda dengan campuran ini. Pijat lembut kulit Anda dengan itu dan biarkan meresap selama sekitar 5 hingga 10 menit. Bilas dengan air.

Baca JUga :

4 Alasan Pelembab Dibutuhkan Untuk Kulit Berminyak dan Tips Menggunakannya

Revitalisasi Kulit Anda dengan Mint: Penggunaan Perawatan Kulit yang Tidak Konvensional

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pelembab Untuk Kulit Berminyak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kuasai 4 Resep Masker Rambut DIY Berikut Yang Diresapi Dengan Kebaikan Madu

Rambut Anda membutuhkan nutrisi yang kuat agar tampak