Carb Cycling adalah pendekatan pola makan di mana Anda mengonsumsi makanan sehat berkarbohidrat tinggi pada hari-hari tertentu, kemudian beralih ke makanan rendah karbohidrat pada hari-hari lainnya, berdasarkan tujuan kesehatan dan kebugaran Anda. Strategi ini dibangun berdasarkan konsep bahwa memvariasikan konsumsi karbohidrat dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dan tingkat energi tubuh Anda.

Anda dapat bergantian antara hari-hari rendah karbohidrat dan tinggi karbohidrat ini setiap hari, mingguan, atau bulanan, sesuai tujuan pribadi Anda. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menambah lemak tubuh atau menurunkan berat badan, tingkatkan jumlah hari rendah karbohidrat dibandingkan hari tinggi karbohidrat dalam rutinitas Anda. Jika Anda ingin membentuk otot, lakukan lebih banyak hari tinggi karbohidrat daripada hari rendah karbohidrat dalam rutinitas Anda.

Nikmati hari tinggi karbohidrat ketika Anda berencana berolahraga keras dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Demikian pula, makan lebih sedikit karbohidrat pada hari-hari ketika Anda kurang aktif. Diet carb cycling mingguan yang khas mungkin mencakup dua hari tinggi karbohidrat, dua hari karbohidrat sedang, dan tiga hari rendah karbohidrat. Namun, ini mungkin berbeda berdasarkan sasaran kebugaran dan tingkat latihan Anda.

Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik setelah Anda memahami cara kerja keseluruhan diet. Gulir ke bawah untuk mengetahui lebih banyak.

Bagaimana Cara Kerja Carb Cycling?

Mengonsumsi karbohidrat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh Anda, yang membawa lebih banyak glukosa ke dalam sel Anda. Glukosa diubah menjadi energi, disimpan untuk nanti atau diubah menjadi lemak. Jadi, mengikuti diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan laju pembakaran metabolisme Anda. Artinya, ini memungkinkan tubuh Anda membakar simpanan lemak dan energi berlebih.

Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, Anda memberikan cukup energi dan glukosa ke tubuh Anda untuk melakukan latihan dan pemulihan. Ini dapat membantu tubuh Anda mengisi kembali pasokan glikogen otot, yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan mengurangi kerusakan otot.

Memodifikasi konsumsi karbohidrat Anda secara terus-menerus dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulini. Ini berarti tubuh Anda akan menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan karbohidrat untuk energi dibandingkan menyimpannya sebagai lemak.

Namun, penting untuk menyesuaikan asupan karbohidrat berdasarkan tujuan dan kebutuhan diet Anda. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi asupan karbohidrat meliputi:

  1. Komposisi Tubuh

Kebutuhan karbohidrat Anda bergantung pada komposisi tubuh Anda. Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat dibandingkan saat Anda ingin menambah otot.

  1. Hari Latihan dan Istirahat

Tingkat aktivitas Anda juga dapat memengaruhi asupan karbohidrat. Anda mungkin memerlukan lebih banyak karbohidrat jika Anda menjalani gaya hidup aktif dibandingkan dengan seseorang dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

  1. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan, seperti diabetes dan sindrom metabolik lainnya, juga dapat memengaruhi asupan karbohidrat Anda.

  1. Intensitas Latihan

Intensitas latihan Anda dapat memengaruhi jumlah karbohidrat yang perlu Anda konsumsi. Jika Anda melakukan banyak latihan ketahanan, Anda mungkin memerlukan lebih banyak karbohidrat untuk membantu pemulihan tubuh Anda.

  1. Jumlah Lemak Tubuh

Jika Anda memiliki kelebihan lemak tubuh, Anda mungkin memerlukan lebih sedikit karbohidrat untuk mencapai tujuan Anda. Semakin kurus seseorang, semakin banyak hari karbohidrat yang dibutuhkannya.

Baca Juga :

Mengapa dan Bagaimana Memasukkan Lebih Banyak Makanan Kaya Serat ke Dalam Diet Anda

5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memasukkan Serai ke Dalam Diet Anda

Memahami Refluks Asam, Mengurangi Dan Mencegahnya Dengan Diet GERD

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Diet Golongan Darah O Positif Untuk Anda Yang Ingin Menurunkan Berat Badan 

Diet golongan darah, yang diciptakan oleh dokter naturopati