Apa saja yang telah Anda lakukan untuk hidup sehat? Mengkonsumsi makanan dengan gizis eimbang? Berolahraga? Nampaknya semua sudah dilakukan, namun apakah dengan melakukan hal-hal diatas tubuh telah mendapatkan nutrisi yang cukup? “Tapi saya sudah mengkonsumsi vitamin untuk membantu tercukupinya nutrisi tubuh”.

Sebenarnya tubuh kita telah diciptakan dengan sempurna dan unik, karena ia bisa memberitahu kita bahwa ia kekurangan nutrisi. Tugas Anda dalah mendengarkan dan peka terhadap tanda yang dikirimkan oleh tubuh ini.

Tubuh yang kurang nutrisi atau vitamin dapat dilihat dari gejala fisik tertentu yang dapat dilihat dan dikenali lebih lanjut

Mengenal Kekurangan Vitamin dan Nutrisi

Kekurangan vitamin dan nutrisi seringkali dikenal dengan nama defisiensi vitamin. Kekurangan vitamin dialami oleh banyak orang, bahkan diperkirakan ada 2 milir orang di bunia ini yang mengalami kekurangan vitamin (tubuh mereka tetap bekerja tanpa adanya nutrisi yang cukup).

Defisiensi vitamin (kekurangan vitamin) sebenarnya terbagi menjadi dua katergori, yaitu kategori primer dan sekunder. Kategori primer membuat penderitanya harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dalam jumlah lebih banyak. Biasanya selain menyarankan konsumsi makanan kaya vitamin, dokter akan meresepkan vitamin untuk membantu memenuhi vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Defisiensi kategori sekunder terjadi saat tubuh mengkonsumsi vitamin dalam jumlah cukup, namun tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi sebagaimana mestinya. Hal ini terjadi, karena adanya kondisi yang mendasari, seperti adanya penyakit seperti fibrosis kistik dan celiac. Selain itu, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi juga semakin sulit. 

Tanda Bahwa Tubuh Kekurangan Nutrisi

Wajar jika seseorang kekurangan nutrisi, namun penyakit ini tidak selalu menunjukkan gejala yang dapat terlihat secara langung, sehingga gejalanya seringkali diabaikan begitu. Gejala ini diantaranya

Cepat Merasa Lelah

Gejala paling umum yang dapat dirasakan oleh seseorang yang kekurangan nutrisi adalah kelelahan. Mudah lelah seringkali diabaikan, karena mudah lelah tidak selalu menjadi tanda seseorang kekurangan vitamin. Bisa jadi Anda kurang tidur. Namun, patut diwaspadai jika kelalahan ini memasuki tahap kronis dimana rasa lelah tetap datang walaupun Anda sudah tidur dengan jumlah jam yang cukup. Tubuh yang lelah dapat menjadi tanda bahwa tubuh membutuhkan asupan vitamin berupa vitamin D, vitamin D3, zat besi, folat, hingga vitamin B12.

Nyeri Otot

Kram atau nyeri otot dapat menjadi tanda lain seseorang kekurangan vitamin. Seringkali hal ini juga diabaikan karena merasa akan hilang dengan sendirinya. Nyeri atau kram otot menjadi salahs atu tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin D, Magnesium, maupun vitamin B.

Untuk mengatasi kekurangan vitamin D ini, Anda bisa memulainya dengan memperbaiki pola makan sehari-hari. Jika memang Anda ragu dengan nutrisi yang tersaji di piring Anda, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter atau tenaga ahli yang lebih memahami hal ini.

Itulah beberapa tanda yang tubuh berikan saat seseorang kekurangan vitamin dan nutrisi. Masiha da tanda lainnya yang harus dibaca di bagian dua. Lanjutkan membaca yuk.

Baca Juga :

Pakar Nutrisi Menjelaskan Apa yang Harus Dimakan Sebelum dan Sesudah Olahraga

4 Kekurangan Nutrisi Dan Masalah Kesehatan Yang Umum

Lampaui Nutrisi Dasar Dan Tingkatkan Kesehatan Anda Dengan Makanan Fungsional

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi