Saat seseorang didiagnosa menderita diabetes, tentu pasien akan memberikan reaksi yang berbeda-beda, namun pada umumnya mereka akan melakukan penyangkalan dan tidak percaya bahwa mereka menderita diabetes ini. Akan muncul rasa khawatir pada pasien mengenai “Bagaimana saya bisa berdamai dengan penyakit ini? Bagaimana diabetes akan mempengaruhi hidup saya?”

Diabetes tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasien perlu mendapatkan pengawasan khusus, terutama soal makanan yang dikonsumsi. Pengawasan ini tidak hanya dilakukan di bulan-bulan biasa saja, namun pengawasan juga harus dilakukan saat bulan Ramadhan tiba. Datangnya bulan Ramadhan membuat pola makan akan berubah dan tentunya butuh waktu untuk tubuh agar dapat menyesuaikan diri. 

Sebagai penderita diabetes, sebaiknya Anda tidak perlu panik dan sedih, karena Anda tetap bisa hidup berdampingan dengan diabetes. Terlebih di jaman yang semakin berkembang ini, mulai banyak aplikasi untuk mengontrol diabetes. Apa saja?

  1. Aplikasi mySugr

Aplikasi mySugar ini adalah salah satu aplikasi favorit untuk mencatat gula darah, karena mudah digunakan dan sangat efisien. Tampilan berandanya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Tak masalah jika dalam sehari Anda memeriksa kadar gula darah Anda beberapa kali, karena mySugr akan mencatat dan menampilkannya dalam bantu statistic, baik harian, mingguan, atau bulanan. Bahkan, laporan kadar gula darah ini dapat diunduh dan digunakan sebagai penunjang pemeriksaan saat berkunjung ke dokter.

  1. Aplikasi Zero Fasting Tracker

Zero Fasting Tracker sangat cocok digunakan bagi Anda yang ingin tetap berpuasa walaupun memiliki diabetes. Selain berpuasa, Anda juga bisa mencoba puasa intermitten. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu meng klik “Mulai Puasa”, Anda dapat memulainya. Anda pun dapat menentukan target dengan mudah. Aplikasi Zero Fasting Tracker akan memberitahu Anda saat puasa telah selesai dilakukan. 

Puasa mungkin dapat membantu Anda, namun sebelum berpuasa ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba berpuasa, baik Intermiten atau puasa Ramadhan. Mengapa? Karena ada beberapa obat-obatan yang bisa saja tidak cocok jika dibarengi dengan aktivitas puasa.

  1. Aplikasi Big Oven

Salah satu hal terpenting dalam mengelola diabetes adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kita harus tahu apa asupan makanan yang cocok untuk dikonsumsi tubuh kita. Tak perlu takut kehabisan ide menu masakan, karena aplikasi Big Oven akan memberikan variasi menu untuk penderita diabetes, walaupun banyak pantangan makanannya.

Anda bisa memilih menu makanan mulai dari diet keto, rendah karbohidrat, dan menu lainnya. Setelah menemukan resep sehat penderita diabetes, Anda dapat menambahkannya ke bagian favorit. Anda pun harus bahagia karena Big Oven mengijinkan penggunanya untuk mengatur sendiri menu makanan Anda dengan fitur “Meal Plan”.

  1. Aplikasi MyFitnessPall

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi yang terbaik, karena Aplikasi MyFitnesspal ini hjuga mampu memberikan detail mengenai kalori, lemak, protein, dan sebagainya. Bahkan Anda dapat melihat perkembangannya dalam bentuk grafik.

Anda juga bisa memantau makanan apa saja yang mempengaruhi gula darah Anda. MyFitnessPal juga berguna seperti teman baik yang dapat memberikan saran berapa kalori yang harus dibakar untuk mencapai berat badan Anda. Berapa juga kalori yang harus masuk saat harus menambah berat badan.

Baca Juga :

Puasa Terasa Lemas? Ini Dia Trik Agar Tubuh Tetap Aktif Selama Berpuasa

5 Alasan Mengapa Teh Hijau Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Mengidap Diabetes? Jaga 5 Aspek Pola Makan Ini Di Musim Panas Untuk Mengelolanya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Sayuran Rendah Gula yang Cocok untuk Diet Anda

Sayur-sayuran mengandung nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan