Ketiak yang gelap memang mengganggu, apalagi jika Anda ingin mengenakan pakaian tanpa lengan. Perubahan warna kulit ketiak merupakan masalah yang cukup umum terjadi pada wanita. Ada banyak penyebab terjadinya kondisi kulit ini. Meskipun ada beberapa pengobatan rumahan dengan bahan alami yang diyakini dapat memperbaiki kondisi ini, ada juga beberapa perawatan yang disetujui oleh dokter kulit yang juga dapat memperbaiki kondisi ini. Berikut ini sedikit informasi tentang perawatan paling efektif untuk menghilangkan ketiak hitam.

Penyebab Perubahan Warna Kulit Ketiak

Ada berbagai penyebab perubahan warna kulit ketiak. Penyebab yang populer adalah pseudoacanthosis nigricans (akibat diabetes, PCOS, obesitas), dermatitis kontak iritan terhadap deodran dan parfum, dermatitis kontak alergi terhadap krim penghilang bulu, infeksi seperti bakteri dan jamur, dll.

  1. Jenis Perawatan Ketiak yang Digunakan

Kulit ketiak sensitif dan mudah bereaksi terhadap krim dan perawatan. Tergantung pada penyebab hiperpigmentasi, pengobatan harus diberikan. Baik krim topikal maupun perawatan diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pada krim topikal dapat digunakan krim pencerah kulit seperti arbutin, asam kojat, hidrokuinon, asam azelat, asam glikoil dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Dalam kasus penebalan kulit yang terlihat pada pseudoacanthosis nigricans, krim retinoid topikal pun digunakan.

Perawatannya seperti chemical peeling (mengandung asam azelic, asam salisilat, asam glikolat, vitamin c, asam laktat, asam trikloroaktat dll dapat digunakan). Pada kulit yang menebal, mikrodermabrasi juga digunakan untuk mengelupas kulit superfisial dan kemudian dapat digunakan pengelupasan kulit. Pengelupasan kulit serupa dapat dilakukan dengan laser seperti Erbium Yag atau laser kaca Erbium. Akhirnya pigmentasi dapat dihilangkan dengan laser Q-switched Nd Yag.

  1. Jenis Pengelupasan Kimia yang Digunakan

Pengelupasan kimia yang mengandung asam azelat, asam salisilat, asam glikolat, vitamin c, asam laktat, asam trikloroaktat dll dapat digunakan. Namun sebelum memulai dengan pengelupasan yang lebih kuat, mulailah melapisi kulit dengan krim topikal dan kemudian mulai dengan pengelupasan yang lebih lembut. Jika kulit dapat menerima pengelupasan ini, seseorang dapat menggunakan pengelupasan yang lebih kuat. Kita harus ingat untuk tidak mempercepat perawatan karena dapat dengan mudah mengiritasi kulit. Saat merawat kulit, seseorang harus menghidrasi kulit dengan ceramide dan pelembab lainnya.

  1. Jenis Perawatan Laser yang Digunakan

Pada kulit ketiak yang menebal, pengelupasan kulit superfisial dapat dilakukan dengan laser kaca Erbium Yag atau Erbium. Terakhir, pigmentasi dapat dihilangkan dengan laser Q-switched Nd Yag.

  1. Pengobatan Alami dan Rumahan

Pengobatan rumahan untuk pigmentasi ketiak yang lebih ringan bisa memberikan hasil yang luar biasa. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, seperti lidah buaya, lemon atau kunyit.  Semua bahan tersebut tentunya mudah didapatkan di rumah Anda.

Gel lidah buaya dikenal sebagai terapi hidrasi yang baik untuk kulit ketiak. Asam sitrat dan pasta kunyit bisa digunakan. Asam sitrat dalam lemon merupakan antioksidan dan pencerah kulit yang baik. Kurkumin dalam asam kunyit juga merupakan depigmentor kulit yang baik. 

Baca Juga :

<strong>5 Daftar Bahan Dapur Yang Membantu Mengobati Lutut, Siku dan Ketiak Gelap</strong>

7 Perawatan Kecantikan Untuk Mencerahkan Kulit Ketiak yang Gelap

Singkirkan Kulit Gelap pada Ketiak Kamu dalam Waktu yang Singkat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Cara Mencegah Jerawat Datang Lagi 

Bangun tidur dan melihat tamu (tak diundang) baru