Rongga mulut adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting, karena merupakan satu-satunya pintu gerbang ke dalam tubuh Anda. Namun perawatan mulut tampaknya menjadi salah satu aspek perawatan diri yang paling diabaikan. Menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting karena berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Menjaga mulut sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu; di seluruh dunia, peradaban kuno memanjakan diri dalam perawatan mulut. Pemanfaatan ranting berupa sikat gigi, tusuk gigi, bedak gigi sudah umum dilakukan. Saat ini, ada beberapa cara untuk memudahkan perawatan dan perawatan mulut, dan dengan kemajuan teknologi, penggunaan produk kesehatan gigi menjadi lebih mudah. Produk yang paling umum digunakan adalah sikat gigi dan pasta gigi. Sementara kebanyakan orang menyikat gigi dua kali sehari, sangat penting untuk memahami teknik yang tepat dan pasta gigi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Sikat Gigi

Saat memilih sikat gigi ada dua jenis, manual dan elektrik. Jika pilihan Anda adalah sikat manual yang ekonomis, maka disarankan untuk menggunakan bulu sikat yang lembut dan menyikat gigi dari gusi ke arah tepi gigi dengan sudut 45 derajat. Sebagai alternatif, Anda dapat menyikat dengan gerakan melingkar yang lembut.

Sikat elektrik menggunakan fitur berosilasi dan beberapa kepala sikat untuk membantu orang meningkatkan teknik menyikat mereka. Anda bisa menggunakan sikat gigi manual di pagi hari dan beralih ke sikat gigi elektrik di malam hari. Kombinasi ini memastikan pembersihan menyeluruh dari akumulasi partikel makanan dan plak sepanjang hari.

  1. Pasta Gigi

Perusahaan pasta gigi melayani berbagai kebutuhan, seperti sensitivitas, perawatan gusi atau pencegahan gigi berlubang, dan mereka juga memiliki formulasi khusus untuk penderita diabetes, perokok, atau mereka yang membutuhkan pemutihan gigi. Untuk anak-anak, ada pasta gigi dengan sedikit fluorida, dan bagi mereka yang mencari produk alami, tersedia pasta gigi herbal. Selalu ingat untuk hanya mengambil pasta gigi seukuran kacang polong untuk membersihkan gigi Anda.

Dianjurkan untuk menambahkan beberapa alat perawatan gigi ke dalam rutinitas Anda, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Benang  Gigi

Benang ini biasanya terbuat dari nilon, dan tersedia dengan lilin, tanpa lilin, dengan rasa dan tanpa rasa. Perkembangan terkini telah membantu perusahaan untuk membuat benang anti-cabik yang terbuat dari PTFE (polytetrafluoroethylene). Ketangkasan pribadi penting untuk dipertimbangkan saat menggunakan benang jenis ini untuk sampai ke gigi belakang.

  1. Flosser Air

Juga dikenal sebagai water pick atau water jet, ini adalah irigator oral yang dirancang dengan cerdik yang menghilangkan plak dan sisa makanan di antara gigi dan di garis gusi. Meskipun ada kurva pembelajaran yang melekat pada penggunaan produk ini, ini sangat efisien, terutama untuk pasien dengan implan gigi dan kawat gigi.

  1. Sikat Interdental

Ini adalah kepala bulu kecil yang dirancang untuk membersihkan sela-sela gigi. Meskipun ini dapat dianggap sebagai alat tersendiri, penggunaan sikat interdental sama dengan flossing. Ini paling sering direkomendasikan untuk pasien yang menjalani perawatan ortodontik.

  1. Floss Pick 

Ini adalah produk yang dirancang dengan cerdas yang memiliki seutas benang kecil yang ditahan oleh cabang plastik. Biasanya, floss pick terdiri dari seutas tali dan cabang di salah satu ujungnya, sedangkan ujung lainnya biasanya memiliki ujung runcing atau pick yang berfungsi seperti tusuk gigi. Desain membuatnya lebih mudah untuk sampai ke gigi belakang daripada dengan benang benang.

  1. Pengikis Lidah

Alat lain yang dibuat untuk mencegah bau mulut adalah pengikis lidah. Desain melengkung membantu membersihkan lidah dengan membuang sisa makanan dari permukaan. Pembersih lidah yang terbuat dari plastik dan logam dengan berbagai model tersedia dengan mudah. Ingatlah untuk menghindari menekan keras dan mengikis saat membersihkan lidah karena dapat merusak indera perasa.

Bersamaan dengan alat-alat ini, menggunakan obat kumur dapat membantu menyegarkan nafas, namun dianjurkan untuk digunakan dengan hemat karena banyak penelitian menunjukkan obat kumur membunuh semua mikroba mulut, bahkan yang baik sekalipun. Selain itu, mereka yang menderita penyakit gusi dapat menggunakan stimulator gusi – alat kecil berujung karet yang merangsang aliran darah ke gusi dan menghilangkan plak di sepanjang garis gusi.

Perlu diingat bahwa alat-alat ini hanya membantu menjaga kesehatan mulut, tetapi Anda terutama harus mengikuti diet yang baik dan tetap terhidrasi. Dan jangan lupa untuk berkunjung ke dokter gigi secara teratur!

Baca Juga :

<strong>4 Tips Kebersihan Seksual yang Tidak Dibicarakan Orang</strong>

Temukan Keberuntungan Kamu Berdasarkan Tanda Zodiak

8 Tips Untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Sayuran Rendah Gula yang Cocok untuk Diet Anda

Sayur-sayuran mengandung nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan