Pola makan vegan mungkin tampak membatasi bagi sebagian orang, tetapi bisa bermanfaat karena ada banyak pilihan makanan padat nutrisi. Meskipun diet membatasi asupan produk hewani atau produk apa pun (tanpa produk susu, daging, babi, ikan, ayam, dll), Anda masih dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi harian Anda dengan beragam buah, sayuran, polong-polongan, dan kacang-kacangan. biji-bijian utuh yang bisa Anda makan. Para ahli dari Myprotein India berbagi manfaat dari pola makan vegan yang mungkin belum Anda pertimbangkan.

  1. Mengurangi Risiko Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah istilah untuk sekelompok gejala yang terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, dan biasanya juga dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Satu studi menunjukkan menghindari lemak tinggi dan makanan olahan dan berfokus pada pola makan vegan nabati yang utuh, dapat membantu mengendalikan risiko ini.

  1. Lebih Ramah Bagi Lingkungan

Studi yang sama yang menunjukkan penurunan risiko sindrom metabolik juga mendukung fakta bahwa pola makan vegan lebih ramah bagi lingkungan. Memelihara hewan untuk konsumsi manusia membutuhkan sumber daya yang jauh lebih banyak (air, energi, makanan hewani) daripada memanen makanan nabati.

  1. Membantu Mengurangi Peradangan

Tingkat antioksidan dan fitonutrien yang tinggi dalam pola makan vegan telah terbukti memiliki kemampuan melawan peradangan dalam tubuh. Dengan begitu banyak penyakit dan gejala yang terkait dengan peradangan, menggunakan pola makan sebagai alat pencegahan adalah alasan lain untuk mencoba pola makan vegan.

  1. Dapat Mendukung Penurunan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa pola makan vegan bisa efektif untuk menurunkan berat badan. Ini mungkin karena serat tinggi, volume tinggi, atau efek mengenyangkan dari makan banyak makanan nabati, dikombinasikan dengan fakta bahwa banyak sumber makanan vegan secara alami rendah kalori. Meskipun Anda masih harus mengalami defisit kalori untuk menurunkan berat badan, mempertahankan pola makan vegan dapat membantu mempermudahnya.

Memungkinkan Anda Untuk Makan Jumlah Yang Lebih Besar Dari Beberapa Makanan

Salah satu alasan pola makan vegan terkait dengan penurunan berat badan adalah karena bahkan sejumlah besar makanan vegan (seperti sayuran berdaun hijau atau buah dengan kandungan air tinggi) masih rendah kalori. Memilih makanan bervolume tinggi dan rendah kalori ini bisa sangat mengenyangkan dan tidak membuat Anda merasa sedang mencoba mengurangi kalori atau melewatkan makanan yang memuaskan.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Sebuah studi yang diterapkan di tempat kerja untuk mempelajari dampak dari mengikuti pola makan vegan menunjukkan bahwa karyawan lebih produktif saat mengikuti pola makan nabati. Manfaat pola makan vegan ini menarik tidak hanya bagi mereka yang ingin unggul tetapi juga bagi pemberi kerja yang ingin menjaga karyawannya tetap sehat dan berada di puncak permainan mereka. Ini bisa jadi karena stres yang lebih sedikit atau kesehatan mental yang lebih jelas, tetapi lebih banyak penelitian di bidang ini perlu diselesaikan.

  1. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Mungkin manfaat paling penting dari pola makan vegan adalah kenyataan bahwa hal itu telah terbukti membantu mencegah penyakit kronis. Apakah diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi – banyak dari penyakit ini dapat dicegah dengan pola makan nabati yang sehat dan gaya hidup aktif. Jika umur panjang adalah tujuan Anda, pastikan Anda memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam diet Anda agar tubuh Anda tetap sehat dan siap untuk mencapai tujuan Anda.

Jadi, ingatlah manfaat ini, bahkan jika Anda belum siap untuk sepenuhnya menjadi vegan, coba tambahkan beberapa makanan nabati lagi ke dalam minggu Anda dan lihat apakah Anda memperhatikan salah satu dari manfaat ini.

Baca Juga :

<strong>Cari Tahu Fakta Dari 5 Mitos Tentang Pola Makan Nabati Ini</strong>

<strong>4 Makanan Vegan yang Menyebabkan Kembung</strong>

<strong>Cobalah 5 Menu Sarapan Penuh Protein Untuk Mengurangi Nafsu Makan Anda</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi