Berapa kali tumbuh dewasa, apakah ibu atau nenek Anda memberi Anda susu kunyit yang katanya baik untuk kesehatan dan kulit Anda? Terlalu banyak untuk dihitung, bukan? Mereka punya alasan bagus untuk mengatakannya. Manfaat susu kunyit sangat banyak, dan merupakan pilihan yang mudah dan enak untuk memastikan Anda tetap sehat luar dalam. Susu kunyit juga dikenal sebagai susu emas.

Bagaimana Cara Kerja Susu Kunyit?

Bahan utama dalam susu kunyit, yaitu kunyit, sarat dengan antioksidan. Bumbu kuning ini mengandung kurkumin, komponen aktif yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati berbagai gangguan dan penyakit. Studi menunjukkan bahwa kurkumin polifenol menargetkan banyak molekul pensinyalan, dan juga menunjukkan aktivitas pada tingkat sel, sehingga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Haldi doodh dapat bermanfaat bagi kondisi peradangan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi rasa sakit, bersama dengan manfaat terapeutik lainnya.

Cara Membuat Susu Kunyit

Untuk membuat 1 cangkir susu kunyit, ambil secangkir susu dan didihkan. Tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam susu. Anda dapat menambahkan gula untuk rasa sesuai pilihan Anda. Jika suka, Anda bisa menambahkan sejumput Kesar ke dalamnya, atau bahkan buah kering yang dihancurkan, untuk menambah rasa. Sementara manfaat susu kunyit berasal dari dua bahan asli itu sendiri, manfaat kesar dan buah kering dapat ditambahkan dengan iterasi susu kunyit lainnya. Anda juga bisa menambahkan kayu manis dan jahe ke dalam susu kunyit.

Manfaat Susu Kunyit

  1. Anti-Oksidan

Antioksidan sangat penting bagi kita. Mereka adalah senyawa yang membantu melawan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari stres oksidatif. Mereka penting untuk fungsi sel, dan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan akan menurunkan risiko penyakit dan infeksi. Kunyit memiliki komponen aktif bernama kurkumin yang kaya akan antioksidan. Susu juga membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

  1. Mengatasi Peradangan dan Nyeri Sendi

Curcumin juga membantu melawan peradangan dan nyeri sendi. Ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi dan penyakit serupa. Susu juga membantu memperkuat tulang. Jadi susu kunyit tidak hanya membantu mengurangi nyeri tulang tetapi juga membuat tulang lebih sehat.

  1. Membantu Pemurnian Darah

Susu kunyit meningkatkan sirkulasi darah. Ini membersihkan sistem limfatik dan pembuluh darah dari segala kotoran yang mungkin mereka miliki. Susu kunyit membantu dalam pemurnian darah.

Membantu Memperbaiki Pencernaan

Susu kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Gas, kembung, mulas, infeksi saluran cerna, diare dan sakit maag bisa dikurangi dengan minum susu kunyit.

  1. Mencegah Kanker

Senyawa kurkumin dalam kunyit juga membantu melawan kanker dengan membunuh sel kanker. Ini juga membatasi kemampuan sel untuk menyebar lebih jauh dan merusak DNA. Jika kanker masih dalam tahap awal, maka asupan susu kunyit setiap hari akan membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

  1. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Susu kunyit juga memiliki sifat anti-spasmodik yang meringankan rasa sakit yang disebabkan selama siklus menstruasi. Ini juga membantu menormalkan siklus. Jika wanita mengalami ketidakseimbangan hormon, endometriosis, leukore atau fibroid, susu kunyit membantu mereka. Susu kunyit meningkatkan kesehatan reproduksi.

  1. Obat Untuk Pilek dan Batuk

Susu kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-virus. Sehingga bekerja efektif melawan pilek dan batuk. Ini juga meredakan sakit tenggorokan.

  1. Memerangi Masalah Pernafasan

Sistem pernapasan dapat dipengaruhi oleh agen infeksius dan patogen. Susu kunyit membantu mengeluarkannya dari sistem. Susu kunyit bersifat anti-mikroba sehingga membantu melawan infeksi virus dan bakteri. Jika Anda menderita asma, bronkitis, sinus atau paru-paru tersumbat, susu kunyit adalah obat yang efektif untuk mengatasinya.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kunyit mengandung serat makanan. Menambahkan ini ke susu membantu Anda mengurangi lemak ekstra yang disimpan di dalam tubuh. Jadi, minumlah susu kunyit untuk menurunkan berat badan ekstra itu.

  1. Tidur Lebih Baik

Asupan susu kunyit menghasilkan asam amino – triptofan. Ini mempromosikan tidur yang baik. Ini akan membantu Anda rileks, menenangkan diri, dan membantu tidur nyenyak.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam kunyit mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jika Anda seorang penderita diabetes, susu kunyit dapat membantu Anda. Miliki versi tambahan kayu manis untuk ini. Anda memerlukan rencana diet dan rutinitas olahraga untuk mempertahankan levelnya.

  1. Fungsi Otak Lebih Baik

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan susu kunyit dapat meningkatkan fungsi otak, terutama daya ingat yang lebih baik.

  1. Manfaat Antidepresan

Studi menunjukkan bahwa kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, dapat memengaruhi zat kimia otak yang mengontrol suasana hati dan perilaku. dengan memodulasi pelepasan serotonin dan dopamin, susu kunyit dapat menawarkan manfaat antidepresan. Curcumin juga diketahui mengubah bagian otak yang merespons stres dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Curcumin telah dipelajari untuk memperbaiki suasana hati, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Juga, susu kunyit mengurangi peradangan, yang dikatakan memperburuk depresi. Selanjutnya, curcumin meningkatkan pelepasan dopamin, neurotransmitter yang memungkinkan Anda merasakan kesenangan dan kepuasan.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam susu kunyit tidak hanya membantu kesehatan internal Anda, tetapi juga kesehatan kulit Anda. Mereka membantu melawan ketakutan, penuaan, erupsi kulit, jerawat dan eksim. Ini juga menghaluskan kulit Anda, mencerahkan noda apa pun, membuat kulit Anda bercahaya alami dan membantu menghilangkan garis-garis halus.

Baca Juga:

REVIEW: Missha M Perfect Cover BB Cream

Tren Fashion dari Karpet Merah Golden Globes 2016

REVIEW : V10 Plus Soothing Cleansing Milk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Sayuran Berprotein Tinggi yang Harus Ditambahkan Wanita ke dalam Pola Makan Mereka

Pola makan nabati dianggap tidak memiliki sumber nutrisi