Beberapa orang mungkin merasa ragu saat akan memberikan pujian kepada orang lain. Entah itu ragu karena gengsi, ragu karena tidak ingin dikira menyukai orang lain, atau ragu karena tidak ingin orang berpikir bahwa dia memuji untuk mendapatkan sesuatu.

Terlepas dari keraguan dalam memberikan pujian pada orang, sebenarnya, semua manusia senang dipuji. Bahkan, kita memang membutuhkan pujian untuk menunjang kesehatan mental.

Jadi, jangan menganggap dirimu narsis karena ingin mendapatkan pujian, karena sejatinya kamu memang butuh pujian. Berikut adalah alasan mengapa kamu butuh pujian dari orang lain :

  1. Pujian ibarat makanan lezat yang mampu memperbaiki suasana hati 

Sama seperti kita perlu makan setiap hari, kita pun butuh menerima pujian setiap hari. Menurut sebuah penelitian, orang yang mendapat pujian setiap hari akan memiliki suasana hati yang baik. Dengan pujian, seseorang bisa menjadi lebih semangat untuk menjalani aktivitas. Lantaran suasana hatinya yang baik, ia pun akan mampu menghadapi tantangan dan masalah dengan lebih baik. Itulah mengapa orang selalu ingin mendapatkan pujian.

  1. Pujian bagi karyawan bisa meningkatkan efektivitas kerja

Tidak ada pekerjaan yang tidak melelahkan. Semua pekerjaan, baik itu di dalam kantor, di jalan, maupun di lapangan, memiliki tantangan tersendiri bagi setiap pekerja. Dalam hal pekerjaan, pujian bagi karyawan bisa meningkatkan suasana hati dan membuat kinerja jadi lebih efektif. Selain itu, pujian juga bisa membantu menghilangkan stres yang dialami karyawan dalam memecahkan masalah pekerjaan. 

Ketika mendapatkan pujian, karyawan akan merasa dilihat, dihargai, dan diakui. Bahkan, seorang ahli saraf mengatakan bahwa pujian atas pencapaian atau kinerja seseorang bisa memberikan kebahagiaan yang setara dengan pemberian bonus pada gaji. 

  1. Pujian yang tulus tidak akan membuat orang merasa terbebani 

Beberapa orang mungkin merasa terbebani atau merasa tidak nyaman ketika mendapatkan pujian. Bisa jadi, hal ini terjadi karena orang yang menerima pujian merasakan ada hal yang diinginkan oleh si pemberi pujian. Namun, ketika pemberi pujian menyampaikan dengan tulus, orang yang menerima pujian tidak akan merasa terbebani atau merasa tidak nyaman.

Karenanya, pastikan untuk memberikan pujian secara tulus. Jangan memuji karena terpaksa, atau memuji hanya karena ingin mendapat sesuatu dari seseorang. Pujian yang tulus tidak hanya memberikan efek positif bagi orang yang dipuji, tetapi juga membuat kamu merasakan kebahagiaan karena kamu berhasil membuat orang lain tersenyum senang.

  1. Pujian dapat meningkatkan motivasi

Motivasi untuk melakukan sesuatu memang harusnya berasal dari diri sendiri. Tetapi, jika seseorang mendapatkan pujian dari orang lain atas pekerjaan yang dilakukan, ia akan semakin termotivasi. 

Pujian bisa berperan layaknya booster energi yang membuat orang jadi semakin semangat, semakin tekun dalam apa yang dikerjakannya, dan semakin ingin sukses. Pujian juga menjadi obat ketika seseorang merasa putus asa, merasa ingin menyerah, atau merasa tidak mampu lagi menjalani rutinitasnya yang berat. 

  1. Tidak hanya butuh dipuji, kamu juga butuh memuji orang 

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pujian tidak hanya bermanfaat bagi orang yang dipuji, tetapi juga memberi manfaat baik bagi orang yang memuji. Rasa senang setelah memberi pujian pada orang lain akan sama besarnya seperti rasa senang ketika menerima pujian dari orang lain.

Kamu akan mampu menciptakan interaksi positif dengan orang lain yang kamu puji. Kamu pun dapat meningkatkan suasana hati mereka dan membuat atmosfer di antara kalian jadi positif dan menyenangkan. 

Bacaa Juga :

Tak Perlu Malu, 5 Hal Dalam Hidup Ini Justru Layak Dapat Pujian

Stop Deh Ngomong Hal-Hal Ini Saat Kamu Menerima Pujian Dari Orang Lain

5 Alasan Mengapa Pujian Orang Lain Tidak Akan Membantu Kamu Untuk Bekerja dengan Lebih Baik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Buah Teratas untuk Kulit Bercahaya

Kesehatan kulit Anda berhubungan langsung dengan pola makan